Sab. Mei 25th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Tujuh Srikandi baru Penghuni Deprov 2019-2024

1 min read
Ilust Dwi RGOL

RGOL.com – Sejumlah nama baru penghuni parlemen puncuk Botu untuk lima tahun kedepan dari kalangan gender.

Dari 12 srikandi yang terpilih dari hasil rekapitulasi KPU, ada 7 pendatang baru berasal dari 6 partai politik (parpol).

Dimana, ada 2 parpol yang menyumbang keterwakilan perempuan terbanyak. Masing-masing di partai Golkar, ada Meyke Camaru, Yeyen Saptiani Sidiki, dan Suharsi Igirisa.

Lalu dari partai Nasdem, yakni, Loly Junus, Indriani Dunda, dan Indri Monoarfa. PDIP dan Partai Gerindra menyusul, dengan menyumbang masing-masing 2 keterwakilan kaum perempuan.

Yakni, di PDIP, ada Venny Anwar dan Espin Tulie. Dan, di Partai Gerindra, ditempati Sitti Nurayin dan Nani Mbuinga. Dan partai Gerindra, masing-masing dengan dua kursi.

Sementara, PKB dan PPP, masing-masing diwakili oleh Sintje Kadji dan Sri Masri Sumuri.

Dibanding dengan perolehan kursi perempuan di periode sebelumnya, 2014-2019, dipastikan belum mencapai 30 % keterwakilan perempuan, pada periode 2019-2024 nanti. Karena berkurang 2 kursi, dari 14 menjadi 12 kursi.

Meski demikian, para kaum perempuan di provinsi Gorontalo, tetap menaruh asa dan harapan, ke 12 bakal calon anggota terpilih periode 2019-2024 mendatang, untuk memperjuangkan hak dan keberpihakan terhadap kaum perempuan.

Untuk lebih pro aktif dan berpartisipasi dalam melanjutkan pembangunan di provinsi Gorontalo.

Namun ada yang istimewa dari bakal keterwakilan kaum perempuan di Deprov periode 2019-2024 mendatang.

Dimana, untuk pertama kalinya dalam sejarah, caleg perempuan yang bertarung ke Deprov, mendulang suara terbanyak. Yakni, Loly Junus dari Partai Nasdem, dengan komposisi perolehan suara, lebih dari 14 ribu suara. (ay1)

Share

Tinggalkan Balasan