Sen. Jun 17th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Tujuh Kapal Penumpang, Siap Layani Pemudik

2 min read
Wagub Idris Rahim saat meninjau Pelabuhan Gorontalo, usa apel kesiapan dan pembukaan posko angkutan laut, kemarin (f.hms)

RGOL.com – Tujuh armada kapal penumpang akan melayani angkutan laut lebaran tahun 2019/1440 Hijriah di Provinsi Gorontalo.

“Untuk menjamin keselamatan pelayaran pada masa angkutan laut lebaran 2019, kapal itu sudah melalui uji petik. Hasil uji petik ketujuh kapal tersebut laik laut,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro, usai apel kesiapan dan pembukaan posko angkutan laut lebaran tahun 2019 di Pelabuhan Gorontalo.

Ketujuh kapal tersebut akan melayani pelayaran di Pelabuhan Gorontalo dan Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo.

Di Pelabuhan Gorontalo terdiri dari lima kapal, yaitu dua kapal Pelni, masing-masing Kapal Motor (KM) Tilongkabila dan KM Sangiang, serta tiga kapal perintis, yakni KM Daraki Nusa, KM Sabuk Nusantara 102, dan KM Sabuk Nusantara 59.

Sedangkan di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo dilayani oleh dua kapal, yaitu KMP Moinit dan KMP Tuna Tomini.

Sementara itu, Wakil Gubernur Idris Rahim yang bertindak sebagai pembina apel berharap penyelenggaraan angkutan laut lebaran di Provinsi Gorontalo akan berjalan lancar, aman, tertib dan nyaman, sesuai dengan slogan mudik Kementerian Perhubungan tahun 2019 yaitu “Mudik Bareng Asyik Lancar”.

“Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna angkutan laut dan lakukan koordinasi secara intensif dengan seluruh pihak terkait agar mudik dengan angkutan laut terlaksana dengan aman, lancar, dan selamat,” katanya.

Pelaksanaan posko angkutan laut lebaran akan berlangsung selama satu bulan, terhitung mulai 21 Mei hingga 21 Juni 2019.

Tim posko angkutan laut lebaran terdiri dari 20 instansi terkait, di antaranya Kantor Pelabuhan Gorontalo, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gorontalo, BMKG, Basarnas, Pangkalan TNI AL Gorontalo, Kesehatan Pelabuhan, serta Dinas Perhubungan Provinsi dan Kabupaten/Kota, ditambah dua operator yaitu PT. Pelindo IV Persero Cabang Gorontalo dan PT. Pelni Gorontalo. (Mey)

Share

Tinggalkan Balasan