Sen. Jun 17th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

TNI-Polri Akan Menindak Tegas ‘Pengacau’ Pemilu 2019

1 min read

RadarGorontalo.com – Untuk menjamin lancarnya Pemilu, 17 April mendatang, maka TNI/Polri berkomitmen siap mengamankan.

Olehnya itu, kami akan menindak tegas apabila terdapat pihak tertentu yang membuat situasi pelaksanaan jalanannya Pemilu menjadi tidak kondusif.

Penegasan ini disampaikan Kapolda Gorontalo Brigadir Jenderal Polisi Drs. Rachmad Fudail, MH saat memimpin apel kesiapan jelang pemilu 17 April mendatang.

Apel yang diikuti komponen bangsa, Jumat (22/3) di GOR David-Tonny tersebut, Kapolda yang didampingi Danrem 133/Nani Wartabone, Kolonel Czi Arnold Ritiauw.

“Pemilu 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia menjadi tonggak sejarah, karena dilaksanakan secara serentak dengan lima jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.

Sukses tidaknya pesta demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Tidak saja anggota partai politik.

Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilu 2019

Namum juga pihak penyelenggara pemilu yakni KPU, Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan.

Tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI-Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara pemilu sangat menentukan suksesnya pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, kata Kapolda.

Kita ketahui bersama bahwa Bawaslu dan Polri telah mengeluarkan indeks kerawanan pemilu, yang merupakan pemetaan terhadap kerawanan-kerawanan yang diprediksi akan timbul dalam penyelenggaraan pemilu disetiap daerah.

Pemetaan kerawanan ini meliputi sisi penyelenggaraan dan sisi keamanan dan ketertiban masyarakat. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh stake holders terkait untuk segera mengenali, menemukan dan menetralisir serta mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

“TNI dan Polri akan menindak tegas terhadap mereka yang akan mengganggu jalannya pelaksanaan Pemilu ini”, tegas Jenderal Rachmat. (*)

Share

Tinggalkan Balasan