Ming. Jun 16th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Tingkatkan Patisipasi Pemilu, KPU Provinsi Sasar Pemilih Lansia

1 min read
Sosialisasi pemilu yang digelar di Panti Werda Beringin, Kelurahan HutuO Kecamatan Limboto, Rabu (3/4) 

RadarGorontalo.com – Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, Rabu, (3/4) menggelar sosialisasi kepada masyarakat pemilih lanjut usia (lansia) di panti werda Beringin di Kelurahan HutuO, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Selvi Katili mengatakan, sosialisasi ini menurutnya, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar memilih pada 17 April mendatang.

Mantan ketua KPU kabupaten Gorontalo menambahkan bahwa masih banyak yang belum mengerti mengenai bagaimana Pemilu 2019 ini khusus untuk pemilih lansia ini.

Apalagi ada lima kertas suara, jadi agak rumit, belum lagi pada kertas suara DPRD itu tidak ada gambarnya hanya nama saja, ungkapnya.

Suasana sosialisasi yang digelar KPU Provinsi Gorontalo 

Menariknya, dari sosialisasi ini, ditemukannya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kami langsung sosialisasi ke masyarakat bahwa ODGJ diatur dalam undang-undang.

Yakni dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu mendatang, kata Selvi yang dihubungi via selulernya. “In Shaa Allah KPU Provinsi juga akan melalukan sosialiasi di Lembaga Pemasyarakatan”, kata dia.

“Tingkat partisipasi pemilih ini penting dalam penyelenggaraan pemilu. Tidak hanya menjadi modal legitimasi bagi pemimpin atau kandidat terpilih, tapi juga indikator kesuksesan penyelenggaraan pemilu,” terangnya. (try)

Share

Tinggalkan Balasan