Sab. Mei 25th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Tak Ada Kecurangan Pilpres, Gorontalo Bisa Jadi Contoh Nasional

2 min read
Salah satu kegiatan jajaran Deprov, dalam memonitoring kesiapan Pemilu Serentak, jelang 17 April lalu. (foto dok)

RGOL.com – Hasil rekapitulasi perhitungan Pemilu Serentak 2019 untuk tingkat provinsi Gorontalo, sudah dibawa dan dilaporkan jajaran KPU Provinsi Gorontalo ke KPU Pusat, dan mendapat apresiasi tidak ada permasalahan yang berarti.

Artinya, dugaan kecurangan yang telah menjadi isu nasional, khususnya untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) nyaris tidak menimbulkan keributan apalagi kericuhan, dari para elit-elit partai politik (parpol) di provinsi ke 32 di Indonesia ini.

Padahal, dalam perhitungan hasil akhir untuk ranah Pilpres tersebut, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan KH. Ma’aruf Amin, hanya unggul tipis dari pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Yakni, Jokowi-Ma’ruf mengumpulkan perolehan suara sebanyak 369.803, dan Prabowo-Sandiaga berhasil mendulang suara sebanyak 345,129.

Artinya lagi, secara kasat mata, menurut Wakil Ketua Deprov, La Ode Haimudin, dengan selisih perolehan suara begitu dekat yakni tidak lebih dari sekitar 25 ribu suara saja itu, mestinya sangat rawan terjadi kasak-kusuk dugaan kecurangan bermunculan.

“Tetapi toh, ini nyaris hampir tidak ada sama sekali keributan akan perolehan suara untuk Pilpres di provinsi Gorontalo.

Artinya, menurut saya, meski skala pemilih di provinsi Gorontalo terbilang kecil dibanding dengan pemilih di daerah-daerah lain di Indonesia, tapi ini bisa jadi contoh nasional lho.

Bahwa tidak ada keributan akan dugaan kecurangan terkait pelaksanaan Pilpres di daerah-daerah,” ungkap Haimudin.

“Artinya, semua kita, baik itu KPU, Bawaslu, dan para elit politik, baik TKD maupun BPD di daerah, semua sudah bekerja, sama-sama mengawal penyelenggaraan Pemilu Serentak, termasuk Pilpres di provinsi Gorontalo, telah berlangsung begitu baik, aman, tertib, lancar dan dinamis,” imbuh Haimudin.

Untuk itu, lanjut politisi PDIP ini lagi, terkait telah selesainya tahapan Pemilu Serentak khususnya di Provinsi Gorontalo, mari kembali kita bersatu padu, beraktivitas sebagaimana mestinya, untuk bersama-sama membangun daerah.

Adapun hasil dari Pemilu Serentak itu sendiri, diharapkan untuk bersama-sama dikawal, dalam mendulang hasil yang legitimate. Dan, kian memberi pengalaman akan pembelajaran demokrasi yang lebih baik lagi, di masa mendatang. (ay1)

Share

Tinggalkan Balasan