Sen. Jun 17th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Survei CRC : Golkar Berjaya atas Gerindra-Nasdem, Butuh 3 Persen Sapu Bersih Tiga Kursi DPR-R

2 min read

RadarGorontalo.com – Celebes Research Center (CRC), baru saja mengeluarkan hasil survei elektabilitas partai politik di Gorontalo menjelang Pemilu 2019. Hasilnya, Golkar tetap mengungguli para kontestan Pileg 2019.

Untuk calon legislatif ke DPR RI Golkar berada pada 49,3 persen, dan tinggal mencari 3 persen untuk bisa menyapu bersih 3 kursi DPR RI. 2 kursi sudah milik Idah Syahidah dan Roem Kono, kecuali ada hal luar biasa, maka dua kursi itu jatuh ke tangan Caleg lain.

Survey Desember 2018 dan survey Maret 2019 ada kenaikan, baik itu untuk Idah Syahidah maupun Roem Kono.

Untuk Idah dari 18 persen pada Desember, naik menjadi 22,4 persen pada Maret ini, begitu pula dengan Roem dari 11 persen pada Desember naik menjadi 13,7 persen pada Maret ini.

Maka kata direktur riset lembaga survey Celebes Research Centre (CRC), Imam Soeyoeti sulit dikejar dalam waktu yang tinggal 20 hari lebih, kecuali Golkar tidur atau ada hal yang luar biasa.

Sementara untuk kursi ketiga semua berpeluang mendapatkannya, karena antara Gerindra, Nasdem dan PPP tidak ada yang lebih unggul. Bahkan Golkar juga bisa merebut kursi ketiga, karena sisa suara Golkar masih 9,8 persen.

Memang pada jumpa pers tadi malam, Ketua DPD I Golkar Rusli Habibie mengatakan Golkar punya cara memburu 3 persen itu, tetapi jika melihat sikapnya sejak beberapa bulan lalu dimana dia selalu memberikan nilai positif terhadap Rahmad Gobel, maka sepertinya dia hanya ngotot 2 kursi.

Seperti yang sudah pernah dia sampaikan selama ini, dia suka kursi ke 3 itu jatuh ke Rahmat Gobel atau El Nino. Dan memang Gerindra berada di posisi kedua setelah Golkar, sementara Nasdem berada di posisi 3.

Dua nama ini menurut Rusli adalah putra-putra terbaik Gorontalo. Sementara itu soal ada perbedaan hasil survey antara lembaga yang satu dengan yang lainnya, Imam mengatakan bisa terjadi, namun beda-beda tipis.

Tetapi kalau angkanya menyolok pasti ada yang keliru, sebab jika metode yang dilakukan sama dan pada waktu yang tak terlalu jauh, maka hasilnya pasti tak beda jauh.

Dari jumpa pers tadi malam, maka siapa yang akan meraih kursi ke 3 adalah Caleg yang sudah sangat dikenal dan punya cara kerja yang sangat hebat.

Selain itu, faktor sering ketemu langsung juga sangat menentukan. Imam juga menyampaikan angka kemenangan Golkar berdasarkan hasil survey paling tinggi di Indonesia.

Kalau Golkar itu di Jabar, pasti Rusli bisa Cawapres, sayang Gorontalo penduduknya sedikit, tidak hanya itu, sebagai ketua partai, Rusli juga paling ngotot membela partainya.

Sementara tingkat kepuasan rakyat terhadap kinerja Gubernur berada pada angka 80 persen lebih.

Imam yang ditanyai usai acara mengatakan, hasil survey DPR RI itu bisa berdampak positif ke Deprov, tetapi untuk Kabupaten/Kota dia belum bisa membacanya.

Sementara untuk DPD RI, masih sama dengan hasil survey Desember, nama Ishak Liputo masih masuk 4 besar, kalau ada perbedaan hanya soal angka-angka. (RG)

Share

Tinggalkan Balasan