Rab. Jun 19th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Sukseskan Pemilu, Bawaslu Gelar Rakor Penyelesaian Sengketa Pemilu

2 min read
Ahmad Abdullah SAg

RadarGorontalo.com – Bawaslu memiliki peran dan fungsi dalam menyelesaikan sengketa dan sebagai lembaga pemutus yang final dari setiap permasalahan proses pemilu.

Hal ini diungkapkan komisioner Bawaslu Provinsi Gorontalo, Ahmad Abdullah saat memberikan materi pada Rapat Koordinasi dalam rangka penyesaian sengketa proses Pemilihan Umum Tahun 2019, yang diikuti seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota se- Gorontalo, Kamis (11/4).

Sebagai lembaga semi peradilan, Bawaslu juga memiliki kewenangan dan legitimasi dalam menyelesaikan konflik hukum.

“Salah satu tujuannya adalah mendorong serta meningkatkan kapasitas stakeholder terkait proses sengketa pemilu,” kata dia.

Rakor ini dinilai penting dalam memberikan pemahaman kepada penyelenggara pemilu maupun partai politik peserta pemilu mengenai sengketa pemilu.

Sehingga, masyarakat juga didorong untuk terlibat dan aktif melakukan pengawasan partisipatif. Jadi, pengawasannya diperkuat,” ujarnya.

Ahmad berharap, hal itu bisa menghasilkan sesuatu terkait pengawasan, yakni masyarakat berani memberikan informasi awal, mencegah pelanggaran, mengawasi pelanggaran dan melaporkan pelanggaran, ungkapnya.

Inilah fungsi dan wewenang Bawaslu. Memberikan solusi dan keadilan untuk seluruhnya, baik peserta pemilu maupun penyelenggara pemilu,” ucapnya.

“Oleh karena itu dibutuhkan kolaborasi yang kuat antara Bawaslu dan stakeholder agar proses pemilu berjalan dengan baik.

Terkait dengan hal tersebut, Ahmad menyampaikan pihaknya fokus pada penanganan pelanggaran.

Apalagi hingga saat ini terdapat 74 laporan sudah ditangani. Selain itu kami juga melalukan persiapan penyusunan keterangan yang akan disampaikan di Mahkamah Konstitusi, diantaranya berkaitan dengan dokumen pencegahan Pemilu.

Kemudian berkaitan dengan tahapan dan pengawasan pemilu, dokumen penanganan pelanggaran, dan yang terakhir kaitanya dengan penyelesaian sengketa.

Harapannya kepada Bawaslu Kabupaten/Kota untuk terus melakukan kinerja yang baik dan memastikan kepada semua jajaran disemua tingkatan untuk memaksimalkan kesiapan Pesta demokrasi atau Pungut hitung diawasi dengan sebaik-baiknya, tukas mantan aktivis HMI ini. (RG)

Share

Tinggalkan Balasan