Sel. Jun 18th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

SMP 10 Kota Gorontalo, Terapkan Belajar Bersama Google

2 min read
Para siswa SMP Negeri 10 mengikuti program rumah belajar bersama google

RadarGorontalo.com – Penerapan konsep rumah belajar bersama google di SMP Negeri 10 Kota Gorontalo memberikan pengaruh positif terhadap perubahan perilaku siswa di dalam kelas.

Siswa bisa lebih pro aktif menyikapi materi yang disampaikan guru. Gadget yang biasanya hanya menjadi mainan, kini dimanfaatkan lebih bijak untuk menunjang kualitas pembelajaran.

Kepala SMP Negeri 10 Kota Gorontalo Rosnawati Bilondatu mengatakan, awalnya penerapan rumah belajar bersama google hanya dikhususknya untuk lima pelajaran yang masuk dalam ujian nasional.

Namun karena dampaknya sangat positif, beberapa mata pelajaran lainnya juga ikut menggunakan konsep demikian. “Ini kita buat untuk mendukung program cyber school dan secara umum program smart city.

Kita memanfaatkan teknologi smartphone di bidang pendidikan. Proses belajar-mengajar bisa lebih efektif,” ujar Rosnawati.

Program rumah belajar merupakan upaya strategis untuk mengubah stigma tentang smartphone bagi siswa. Smartphone yang selama ini dipahami bisa menganggu konsentrasi belajar dan mengarahkan siswa pada hal-hal negatif, justru dimanfaatkan menjadi media penting pembelajaran.

Siswa diarahkan memanfaatkan smartphone mengunjungi situs rumah belajar. Dari situs itu, mereka dapat mengakses materi-materi yang menjadi topik pembelajaran.

Rosnawati menuturkan, di SMP Negeri 10, model pembelaran demikian telah includ dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahkan masuk dalam Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Meskipun demikian, para guru juga tetap menggunkan panduan dari buku.

Pemanfaatan dengan menggunakan sumber google dimaksudkan untuk pengembangan materi. Guru memberikan topik berdasarkan buku dan siswa diarahkan membuka situs rumah belajar.

Di rumah belajar, ada banyak konten-konten yang tentu berkaitan dengan mata pelajaran tertentu. Siswa juga lebih mudah memahami karena ikut disajikan dalam bentuk gambar-gembar.

Sejauh ini lanjut Rosnawati, pelaksanaan rumah belajar bersama google cukup efektif. Beberapa siswa yang biasanya terlihat malam di dalam kelas, kini jauh lebih bersemangat.

“Program ini sudah kita sosialiasikan kepada para orang tua. Dan mereka memberikan respon positif. Nanti setelah rumah belajar bersama google selesai di dalam kelas, smartphone siswa akan dikumpul kembali dan baru dikembalikan seteleh mereka keluar sekolah,” ujarnya.

Program rumah belajar bersama google di SMP Negeri 10 Kota Gorontalo merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan.

Sekolah tersebut terus menunjukan inovasinya sejalan dengan program penguatan mutu pendidikan yang digelorakan Pemerintah Kota Gorontalo.

Selain program rumah belajar, SMP Negeri 10 Kota Gorontalo juga punya inovasi lainnya seperti Gerakan Literasi Sekolah, Pohon Ilmu dan Kotak Kejujuran.

Program-program tersebut diharapkan bisa memperkuat proses pembelajaran guna membentuk siswa yang cerdas dan berintegritas. (Ab1nk)

Share

Tinggalkan Balasan