Kam. Jun 27th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Persebaya Bungkam Persidago 4-1 di Stadion 23 Januari

2 min read
Amido Balde mencetak brace saat Persebaya menang 4-1 di kandang Persidago Gorontalo (Official Persebaya)

RadarGorontalo.com – Persidago harus mengakui kemenangan Persebaya Surabaya yang sukses meraih kemenangan di Stadion 23 Januari, Selasa (19/2) sore WITA. Tim asuhan Romi Malanua ini tidak mampu berbuat banyak setelah dibungkam Persebaya 4-1.

Meskipun Persidago sempat melancarkan dua serangan yang membuat pertahanan Persebaya terancam pada awal babak pertama. Namun kedua peluang tersebut berhasil digagalkan oleh bek Hansamu Yama dan kiper Miswar Saputra.

Lagi-lagi laskar menara (julukan Persidago-red) harus mengakui keunggulan Green Force – julukan Persebaya. Meski harus kehilangan Fandi Eko Utomo pada menit ketujuh. Anak kandung Yusuf Ekodono ini mendapat tekel brutal dari pemain Persidago.

Fandi tidak bisa melanjutkan pertandingan dan harus digantikan Rendi Irwan Saputra. Striker impor Amido Balde dijatuhkan di kotak penalti pada menit ke-16.

Namun wasit Ahmad Tuharea tidak menganggap itu sebagai pelanggaran. Manu Dzhalilov hampir mencetak gol pada menit ke-37. Akan tetapi tendangan bebas Dzhalilov hanya mencium tiang gawang.

Persebaya membuka keunggulan lewat gol Rendi Irwan pada menit ke-49. Bermula dari umpan lambung Novan Sasongko, sontekan mantan pemain Persija Jakarta dan Persik Kediri itu meluncur deras ke gawang Persidago.

Persebaya aktif menyerang meski sudah unggul satu gol. Sedangkan tuan rumah beberapa kali mengancam melalui counter attack. Walaupun menyulitkan, serangan-serangan anak Persidago berhasil diredam kiper Miswar.

Balde membuang peluang emas yang menghampirinya pada menit ke-69. Balde hanya tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Mario Londok. Akan tetapi tembakan eks Celtic FC itu menyamping di kiri gawang.

Persebaya menambah keunggulan lewat gol Manu Dzhalilov pada menit ke-73. Dzhalilov menjebol gawang Persidago seusai membelokkan crossing Balde. Kemudian, Amido Balde membuat Persebaya unggul 3-0 pada menit ke-84.

Dia menanduk bola hasil umpan silang Misbakhus Solikin. Persidago memperkecil kedudukan melalui eksekusi penalti Hariyanto Panto pada menit ke-89. Persebaya memastikan kemenangan menjadi 4-1 lewat gol kedua Balde pada menit 90+2.

Kemenangan ini menjadi modal berharga Persebaya menjemput leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia 2018-2019. Persebaya akan menjamu Persidago di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Sabtu (23/2) pekan depan.

SUSUNAN PEMAIN
Persidago Gorontalo: Mario Londok, Fahmid Polutu, M. Alfajrin Husni, Iqbal Pomou (Mas’ud Hungu, 62′), Firman R. Pasi, Ismet Tahir, Yuaib Rauf, Ismunandar Monoarfa, Matris Tanani (Ismail Adam, 56′), Hariyanto Panto, Febriyanto Bagoe (Sofyan Moha, 74′)
Pelatih: Romi Malanua

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, Hansamu Yama Pranata, M. Syaifuddin, Novan Setya Sasongko, Abu Rizal Maulana, Misbakhus Solikin, Fandi Eko Utomo (Rendi Irwan Saputra, 8′), Manu Dzhalilov (Elisa Basna, 85′), M. Alwi Slamat M. Hidayat, 79′), Oktafianus Fernando, Amido Balde
Asisten pelatih: Bejo Sugiantoro

Wasit: Ahmad Tuharea (Maros)

 

Sumber Jawa Pos

Share

Tinggalkan Balasan