Ming. Mei 26th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Pentingya Penerapan SPM Kesehatan Di Setiap Daerah

1 min read
Sekdaprov membuka Sosialisasi dan Advokasi Implementasi SPM bidang kesehatan

RGOL.com – Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan, dipandang penting, dimana penerapan SPM merupakan kewajiban bagi pemerintahan untuk menjamin setiap warga negara memperoleh kebutuhan dasarnya.

“Kenapa perlu standar pelayanan minimal, karena pemerintah pusat maupun daerah mempunyai tugas untuk melayani masyarakat,” kata Sekda Darda Daraba, pada Sosialisasi dan Advokasi Implementasi SPM Bidang Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, kemarin.

Dengan telah terbitnya PP Nomor 2 tahun 2018 tentang SPM semakin memperkuat implemtasi penerapan SPM di daerah, dimana Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota wajib menerapkan SPM bidang kesehatan. SPM akan berfungsi sebagai instrument untuk memperkuat pelaksanaan Performance Based Budgeting bidang kesehatan dalam proses perencanaan dan penganggaran di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Mengingat SPM adalah penyediaan kebutuhan dasar secara minmal bagi warga Negara, maka penganggaran SPM harus diprioritaskan terlebih dahulu jangan sampai biaya lain lebih banyak,” ujar Darda.

Untuk itu, ia berharap hasil kegiatan ini dapat digunakan sebagai bahan advokasi kepada pemangku kebijakan di kabupaten/kota dalam pengalokasian anggaran khususnya untuk pembiayaan penerapan SPM. (RG-25)

Share

Tinggalkan Balasan