Rab. Jun 19th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Pemprov Minta Tapal Batas Tolinggula-Buol Ditindaklanjuti

2 min read
Aksi massa terkait permasalahan batas wilayah provinsi Gorontalo dengan Sulawesi Tengah, di kecamatan Tolinggula-Gorut dan Kabupaten Buol, beberapa waktu lalu. (foto dok)

RadarGorontalo.com – Praktis sudah sekitar setengah tahun atau 6 bulan lalu, permasalahan akan tapal batas wilayah provinsi Gorontalo dan provinsi Sulawesi Tengah yang berlokasi di kecamatan Tolinggula kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dan Kabupaten Buol, belum ada titik terangnya.

Hal itu turut berkembang dalam salah satu sesi pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Deprov Gorontalo 2019 periode akhir tahun, melalui salah satu legislatornya yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) V Gorut, Alfian Pomalingo.

Bahwa, dirinya akan berupaya untuk mempertahankan keabsahan pengukuran dan penetapan batas wilayah sebelumnya.

Atau yang sejak lama diakomodir oleh provinsi Gorontalo, jauh sebelum mencuatnya aksi massa yang mempersoalkan tapal batas provinsi di Tolinggula tersebut.

“Karena, hal ini, turut bersinggungan langsung dengan pemenuhan anggaran yang selama ini, dikucurkan oleh Pemprov Gorontalo, sejak menjadi provinsi di tahu 2000 lalu.

Menyangkut segala aktivitas yang terjadi di tapal batas tersebut. Artinya, jika bergeser sejengkal saja, maka yang dipertanyakan bagaimana dengan pemenuhan anggaran yang selama ini, dikucurkan oleh Pemprov di kawasan tapal batas tersebut.

Iya kan?” ujar Ketua Fraksi PPP di Deprov ini. Senada dengan Alfian, Ketua Komisi I Deprov, Kaspian Kadir, yang juga politisi dari partai Hanura yang berasal dari dapil V Gorut, turut mengharapkan, agar persoalan yang mencuat terkait sengketa tapal batas provinsi Gorontalo dan provinsi Sulteng di Tolinggula-Buol itu, untuk sesegera mungkin ditindaklanjuti oleh eksekutif Pemprov dan pihak-pihak terkait.

“Alhamdulillah, tadi (kemarin, red) Komisi I Deprov, sudah mendapat undangan dari eksekutif Pemprov. Dimana, terkait tindaklanjut penyelesaian akan permasalahan tapal batas di Tolinggula-Buol itu, direncanakan akan digelar Selasa 26 Februari 2019 pekan depan.

Dalam bentuk mengkaji-nya melalui rapat tim penegasan batas provinsi dan tim batas kabupaten Gorut.” ungkap Kaspian, sembari menunjukan surat dari eksekutif Pemprov, akan bakal pertemuan tim batas provinsi dan Gorut itu.

“Kami (Komisi I) berharap, insya Allah dari pertemuan itu nanti, akan selangkah lebih maju telah beroleh hasilnya, terkait sengketa tapal batas provinsi Gorontalo dan Sulteng ini, di Tolinggula dan Buol tersebut,” harapnya. (ay1)

Share

Tinggalkan Balasan