Sen. Jun 17th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Pelaku Penggelapan Mobil Milik PT MPM Finance Divonis 6 Bulan

1 min read
Logo MPM

RGOL.com – Pengadilan Negeri Limboto menjatuhkan vonis 6 bulan kepada AUI alias Lind (31) warga desa Ilotedaa Kecamatan Tilango, terkait tindak pidana mengalihkan, menggadaikan atau menyewakan benda yang menjadi obyek jaminan fidusia.

Sebagaimana diatur pada pasal 36 UU nomor 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia sebagaimana dalam dakwaan jaksa penutut umum dan pasal 197 ayat (1) huruf (i) KUHAP.

Dalam sidang yang dipimpin hakim ketua Andry Widyo Laksono SH MH dan hakim anggota Ester Siregar SH MH menytakan terdaksa AUI alias Lin terbukti bersalah melakukan tindak pidana mengalihkan obyek jaminan fidusia berupa mobil Suzuki carry 1,5 FD MC 2016 Nopol DM 9890 BB tanpa persetujuan tertulis dari penerima fidusia dalam hal ini PT MPM Finance.

Mejalis juga menjatuhkan pidana terhadap terdakwa AUI alias Lin dengan pidana penjara 6 bulan dan denda Rp 10 Juta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan.

Majelis hakim juga menetapkan lamanya penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan.

Menetapkan agar terdakwa tetap berada dalam tahanan. Selain itu juga hakim membebankan terdakwa membayar denda Rp 5.000.

Demikian diputuskan dalam rapat permusyawaratan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Limboto pada Rabu (15/5) 2019 oleh Anry Widyo Laksono SH MH sebagai Ketua Majelis, Ester Siregar SH MH dan I Made Sudiarta SH MH masing-masing sebagai hakim anggota.

Dimana putusan telah dibacakan dalam persidangan yang terbuka untuk umum. Dan di bantu Susanty Payuyu SH selaku panitera pengganti pada Pengadilan Limboto yang dihadiri Danik Rochaniawti SH Mh selaku penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Kabupaten Goronalo serta terdakwa bersama panasehat hukumnya. (*)

Share

Tinggalkan Balasan