Kam. Jun 27th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Oktohari : Kades Harus Jadi Panutan Bagi Rakyatnya

2 min read

ORINTASI KADES BARU

DEKAB(RADAR)—Banyak wejangan yang diberikan oleh Ketua DPRD Oktohari Dalanggo, SE saat didaulati sebagai salahatu pemateri dalam kegiatan Orientasi Kepemimpinan Bagi Kepala Desa terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak beberapa waktu lalu. Menurut Sekpri Ketua Dekab Boalemo Nazar Hamzah, SH yang didampingi Usman Etango, yang disampaikan oleh orang yang dituakan di parlemen Modelomo tersebut diantaranya, tentang pola kepemimpinan yang baik dan berwibawa.

Dimana, dalam konsep ini seorang pemimpin harus mampu mengayomi dan memberi contoh yang baik kepada rakyat yang dipimpinnya. Jika seorang pemimpin mampu menjabarakannya dalam Melaksanakan amanah rakyat, maka bukan tidak mungkin warga yang ada di Desa tersebut akan mengikuti perintah Kades tersebut. Kemudian Ketua DPRD meminta kepada Kades agar transparan dalam mengelola anggaran Desa. Hal ini ditekankannya karena, berbagai keluhan yang masuk dan disampaikan oleh rakyat ke DPRD melalui Komisi I, terkait oknum Kades dan aparat yang tidak transparan dalam memgelola anggaran.

Apalagi mulai tahun kemarin perhatian pemerintah pusat begitu besar mengalokasikan anggaran untuk pemerintah Desa dengan harapan pertumbuhan serta perputaran ekonomi serta pembangunan di Desa berkembang. Dan ini semua jika tidak dikelola dengan baik oleh aparat Desa, maka tentu akan berimbas hukum. “ Saya berharap, hal itu tidak terjadi kepada Kades serta aparat Desa se Kabupaten Boalemo,”ujarnya yang didampingi. Masih kata Nazar, terakhir politisi senior partai Golkar asal Dapil I Kecamatan Tilamuta, Botumoito dan Mananggu ini mengharapkan kepada Kades agar mampu bekerjasama dengan lembaga yang ada di Desa baik anggota LPM maupun BPD.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua DPRD Oktohari mengajak kepada Kades, aparat Desa serta lembaga Desa untuk sama-sama mendukung serta mensukseskan setiap program pemerintah pusat, Provinsi Gorontalo dan Pemda Boalemo agar terealisasi dengan baik serta dirasakan oleh rakyat manfaatnya dilapangan.(rg-45)

Share

Tinggalkan Balasan