Sel. Jun 18th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

KPU Ingatkan Caleg Jangan Sesumbar, Sophian : Tunggu Hasil Perhitungan Suara

1 min read
Anggota KPU Provinsi Gorontalo Sophian Rahmola

RadarGorontalo.com – Komisoner KPU Provinsi Gorontalo, Sophian Rahmola meminta kepada para calon legislatif untuk bersabar menunggu hasil penghitungan suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dia berharap untuk tidak mengklaim kemenangan sebelum ada pengumuman resmi dari KPU. “Jangan ada yang mengklaim bahwa dirinya memiliki suara terbanyak, meski mereka (caleg-red) memiliki tim di tiap TPS”, ungkapnya.

Mantan komisoner KPU Gorut ini mengimbau agar semua pihak menjaga situasi dengan baik dan untuk bersabar sembari menunggu hasil resmi.

“Karena sudah banyak masyarakat yang bingung, sebab informasi ini hanya sepihak”, kata Sophian lagi. Kita tunggu saja alur hitung dan rekap suara mulai dari tingkat terendah di tempat pemungutan suara (TPS) hingga tingkat nasional.

alur hitung dan rekap suara Pemilu serentak 2019

KPU telah memperlihatkan alur ini melalui infografik yang beredar di media sosial dan aplikasi, terangnya.

“Jadi lebih baik sabar menunggu untuk perhitungan selesai, apalagi perhitungan yang dilakukan berjenjang mulai dari tingkat TPS, kecamatan, kota, hingga provinsi dan disaksikan oleh banyak saksi termasuk masyarakat.

Sehingga proses perhitungannya bisa lebih dipercaya dan kredibel.

Apalagi kata dia, perhitungan yang dilakukan semua tingkatam dihadiri para saksi calon, Bawaslu, LSM pemantau dan masyarakat bisa menyaksikan dan memvideokan dari awal hingga proses akhir, sehingga kita harus bersabar, Sophian menegaskan. (RG)

Share

Tinggalkan Balasan