Sel. Jun 18th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

KPU Batalkan 2 Parpol Peserta Pileg di Gorontalo

1 min read
Hendrik Imran

RadarGorontalo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, membatalkan keikutsertaan 2 parpol sebagai peserta pemilihan legislatif (pileg) di 3 daerah di Provinsi Gorontalo.

Pasalnya, parpol tersebut ini tidak menyampaikan laporan dana awal kampanye (LADK) sebagaimana ketentuan yang ditetapkan.

Komisioner KPU Gorontalo Hendrik Imran kepada RadarGorontalo.com menyampaikan bahwa sesuai ketentuan pasal 334 ayat (2) UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.

Dijelaskan bahwa parpol peserta pemilu, baik di tingkat pusat, tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota wajib menyerahkan LADK kepada KPU sesuai tingkatannya.

Artinya kata dia, LADK harus diserahkan ke KPU pusat, KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota sebelum hari pertama masa kampanye rapat umum atau pada 10 Maret 2019.

Namun hingga batas yang ditentukan 2 parpol ini tidak melaporkan LADK, bebernya.

Ditanya partai apa saja yang dibatalkan ikut Pileg di Gorontalo, mantan ketua KPU Kabupaten Gorontalo menyebutkan yakni Partai PKPI dan partai Garuda.

Dimana untuk Kabupaten Pohuwato PKPI dan Garuda, Kota /Kabupaten Gorontalo partai Garuda. Sementara Provinsi, Boalemo, Gorut dan Bone Bolango kedua partai ini bisa ikut, ungkapnya.

Kami perlu tekankan bahwa pembatalan ini adalah pembatalan parpol sebagai peserta pemilu, bukan pembatalan kepengurusannya.

Sebab bukan wewenang KPU membatalkan kepengurusan partai politik, sehingga yang dibatalkan adalah kepesertaannya,” tegas mantan aktivis HMI Cabang Yokyakarta ini. (try)

Share

Tinggalkan Balasan