Sen. Jun 17th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Keunggulan Pemerintahan DAMAI, Dua Tahun, Darwis-Anas Temukan Chemistry

2 min read
Ilust Mualif RG

RGOL.com – Setelah 2 tahun, Darwis Moridu – Anas Yusuf akhirnya menemukan chemistry. Hubungan Bupati dan Wakil Bupati sungguh sangat mesrah dan kompak.

Ini menarik, biasanya pasangan kepala daerah hanya mesrah pada awal saja, tetapi untuk Darem dan Anas pada awalnya kelihatan tidak kompak, tetapi sekarang semua terlihat sangat indah dan menyenangkan.

“Alhamdulillah hubungan kami sangat-sangat baik. Komunikasi lancar, tak ada saling curiga. Chemistrynya sudah dapat,” kata Wabup.

Ditanya apa keunggulan pemerintahan Darwis Moridu – Anas Yusuf dibanding pemerintahan sebelumnya? Mantan Aleg Dekab Gorontalo ini tertawa kecil.

“Bukan keunggulan ya, tetapi perbedaan, pemerintahan dalam hal infastruktur, lebih memprioritaskan jalan-jalan utama. Tetapi di era kami lain,” kata Anas.

Pemerintahan Damai justru memprioritaskan jalan-jalan pertanian. Pokoknya semua akses menuju sentra produksi kita bangun.

Apakah itu daerah pertanian atau perikanan. Perbedaan lainnya adalah pemerintahan Darwis menjadikan jagung sebagai produk unggulan, kalau pemerintahan yang lalu adalah Kakao.

Tidak hanya itu, dalam bidang keagaman juga sangat hebat, banyak program yang dibuat, ada yang namanya Selaras (Seliter Beras).

Seluruh ASN menyumbang 1 liter beras yang kemudian diberikan kepada panti asuhan. Ada juga Subuh Berjamaah yang dilakukan di Desa-Desa, setelah itu dirangkaikan dengan pelayanan pada rakyat.

Semua urusan rakyat bisa di urus pada saat itu, mereka tak perlu lagi datang ke ibukota Kabupaten. Makanya semua pejabat dan staf diboyong untuk melaksanakan progam BMW (Boalemo Melayani Warga).

Lalu bagaimana dengan tingkat kemiskinan? Apakah menurun atau naik?

Menjawab pertanyaan ini, Anas mengatakan, pada 2017, angka kemiskinan Boalemo berada pada angka 21,85 persen, dan dalam pemerintahan DAMAI hanya setahun, angka kemiskinan bisa diturunkan sebanyak 1,33 persen.

“Kami dilantik pada 2017 dan pada 2018 kami berhasil menurunkan angka kemiskinan,” katanya. Sementara APBD Boalemo juga mengalami kenaikan, meskipun tidak signifikan.

Sementara soal masa depan pasangan DAMAI, Anas tak mau berkomentar. “Yang bisa menjawab pertanyaan anda itu hanya Bupati,” kata Anas.

Mantan Ketua PAN Kabgor ini tak mau memberi jawaban ketika ditanya apakah mereka akan tetap berpasangan pada periode kedua. “masih jauh, lagi pula soal pendamping adalah hak Bupati,” katanya. (RG-46)

Share

Tinggalkan Balasan