Rab. Jun 19th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Ketua MUI Menilai Demokrasi di Gorontalo Semakin Matang

3 min read
Ketua MUI Kota Gorontalo, KH. Abdul Muin Mooduto (kanan)

RGOL.COM – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Gorontalo, KH. Abdul Muin Mooduto melihat pelaksanaan Pemilu 2019 di Gorontalo,sejak tahapan kampanye, pencoblosan hingga perhitungan suara sekarang ini, alhamdulillah aman-aman saja dan tidak ada masalah, seperti halnya yang terlihat dalam pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat KPUD Kota Gorontalo.

“Gorontalo ini bagus, artinya demokrasi di Gorontalo setiap hari semakin matang,kita lihat saja bahwa pelaksanaan Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara di KPUD Kota Gorontalo berjalan dengan sangat transparan, jujur, adil serta demokratis” ujarnya.

Ustad Muin juga melihat suksesnya penyelenggaraan Pemilu di Gorontalo, tidak terlepas dari kinerja-kinerja aparat Kepolisian dan TNI yang sukses menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. “saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan membantu TNI dan Polri menjaga keamanan dan ketertiban.

Insya Allah dengan kebersamaan masyarakat bersama Polri dan TNI, maka keamanan Gorontalo akan terus terjaga,” ungkapnya. Tokoh agama yang akrab disapa Ustad Muin ini melihat Gorontalo yang paling aman dan sukses menyelenggarakan Pemilu 2019 ini.

“kita semua berharap kondisi yang aman ini bisa terus terjaga sampai berakhirnya proses Pemilu,” tambahnya. Memang namanya demokrasi pasti ada perbedaan. Ada yang senang, ada yang tidak senang, ada yang menang dan ada yang kalah.

Tapi harus diingat, jangan sampai menang dan kalah atau perbedaan pilihan itu, membuat hubungan silaturahim menjadi terputus dan hubungan keluarga jadi renggang, karena semua itu tidak ada keuntungannya. Jangan sampai hanya karena pemilu, kita mengorbankan hubungan keluarga, persaudaraan dan pertemanan. Itu salah besar.

“saya menghimbau agar masyarakat tetap harmonis, kembali menjalin silaturahim, menjaga dan memelihara hubungan sesama manusia, baik dengan tetangga, pemerintah, aparat keamanan dari Polri dan TNI, serta hubungan lainnya. Mari kita bersatu kembali,” himbau Ustad Muin.

Intinya, kewajiban kita sebagai warga negara yang baik dengan menyalurkan suara sudah dijalankan. Sekarang tugas kita adalah berdoa semoga siapa yang terpilih nanti bisa mengamban tugas dengan amanah.

Selain itu, siapapun yang terpilih nanti, baik di legislatif ataupun Presiden, maka itulah kader terbaik bangsa dan semua harus mendukungnya. “ada satu pesan yang harus kita tanamkan dalam diri kita semua bahwa tidak ada lagi 01 dan 02,

tetapi yang ada sekarang adalah 03 yakni Persatuan Indonesia, dengan selalu menjaga persaudaraan dan memelihara kembali silaturahim,” ucapnya. Ustad Muin juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak menyebarkan berita-berita bohong atau hoax dan selalu waspada terhadap berita bohong atau hoax.

Demikian pula, Ustad Muin berharap kepada para pendukung, tim sukses dan Caleg agar tidak bereuforia yang berlebihan dalam menyikapi kemenangan Pemilu. Ia juga menghimbau kalau ada perbedaan-perbedaan dalam perhitungan suara, kiranya dapat disikapi dengan tenang, dan dapat menempuh jalur hukum sesuai aturan perundang-undangan yang ada.

Sehingga itulah, Ustad Muin mengajak semua masyarakat untuk menunggu putusan resmi dari penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU. “mari kita semua percayakan Pemilu ini, termasuk perhitungan dan penetapan hasilnya kepada penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ustad Muin Mooduti tak lupa menyampaikan terima kasih kepada aparat kepolisian dan TNI serta KPU, Bawaslu dan seluruh elemen masyarakat yang telah mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 di Provinsi Gorontalo khususnya di Kota Gorontalo yang berlangsung aman, tertib dan damai.(rg-46)

Share

Tinggalkan Balasan