Kam. Jun 27th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Ketua Lembaga Adat Apresiasi Pemilu Damai, Sukses, Demokratis dan Transparan

2 min read
Drs. Abdullah Paneo

RadarGorontalo.com– Ketua Lembaga Adat Provinsi Gorontalo, Drs. Abdullah Paneo mengucapkan terima kasih kepada penyelengara pemilu dari tingkat KPPS hingga KPU dan aparat keamanan Polri dan TNI yang sudah bekerja sama, bahu membahu mensukseskan hajatan Pemilu Serentak 17 April 2019 kemarin di Provinsi Gorontalo.

“alhamdulillah Pemilu Serentak tahun ini di Provinsi Gorontalo berjalan lancar, tanpa kendala. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran penyelengara dan aparat keamanan yang berintegritas dan berhasil mengamankan jalannya Pemilu tanpa perpecahan di masyarakat,” ungkapnya.

Dia melihat proses berdemokrasi masyarakat Provinsi Gorontalo sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan angka partisipasi Pemilu ditahun ini naik menjadi 80 persen. “kita patut bangga suksesi pemilu berjalan sukses, aman dan damai,” ungkapanya.

Abdullah mengakui proses demokrasi Pemilu serentak di Provinsi Gorontalo, baik pada saat pencoblosan sampai pelaksanaan perhitungan suara dari tingkat KPPS, PPK sampai tingkat KPU Kabupaten/Kota dan sekarang ditingkat Provinsi berjalan dengan sukses, transparan, jujur dan adil.

Terkait dengan adanya protes dari saksi adalah hal yang biasa dalam Pemilu dan itu sangat demokratis. Apalagi KPU sebagai penyelenggara Pemilu memberikan ruang bagi pihak-pihak yang protes, dan semua diselesaikan dengan demokratis.

Abdullah juga menyampaikan turut berbela sungkawa atas wafatnya para penyelenggara Pemilu KPPS akibat kelelahan dalam melakukan tugas pemungutan dan perhitungan suara.

“mereka adalah pahlawan demokrasi. Kita patut berterima kasih setinggi-tingginya kepada para penyelenggara Pemilu, petugas KPPS yang telah berjuang mensukseskan agenda besar nasional ini, dan semoga keluarga ditinggalkan diberikan kesabaran,” tuturnya. Abdullah Paneo juga menghimbau sekaligus mengajak masyarakat bersama-sama membantu aparat Kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan di Provinsi Gorontalo. (rg-57)

Share

Tinggalkan Balasan