Kam. Jun 27th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Keluarga Lingkungan Terbaik Upaya Pencegahan Narkoba

2 min read
Abd Haris Pakaya

RadarGorontalo.com – Menyikapi peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang semakin marak, khususnya di Gorontalo, sudah sewajarnya lah kita sebagai masyarakat harus mampu berpartisipasi secara aktif untuk ikut bersama mengatasi persoalan diatas.

Penyalahgunaan narkoba tidak hanya terkait dengan penggunaannya, namun ada hal-hal mendasar yang berkenaan dengan masalah narkoba tersebut.

Sehingga pendidikan narkoba pada lingkungan keluarga sebagai upaya pencegahan awal, kata Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bone Bolango, Abd Haris Pakaya.

“Keluarga sangat menentukan dalam mencegah peredaran pengunaan narkoba di lingkungan keluarga. Oleh sebab itu sejak dini harus kita jaga dan kita sayangi keluarga dengan cara merangkul generasi kita, terutama kepada anak-anak”, kata Haris.

Salah satu hal yang penting dalam pencegahan narkoba adalah adanya pendidikan tentang narkoba di dalam lingkungan keluarga. Sehingga kata Haris, pendidikan narkoba dalam hal ini maksudnya adalah para orang tua diharuskan mempunyai informasi dan pengetahuan yang luas tentang apa itu narkoba, jenis-jenis narkoba, dampak buruk narkoba bagi segala aspek kehidupan.

Jika kita ingin anak-anak kita jauh dari narkoba maka sudah seharusnya lah diri kita sendiri sebagai orang tua juga harus bersih dan terbebas dari narkoba.

Tidak pernah ada kata terlalu dini ataupun terlambat untuk mencegah anak dari tindakan penyalahgunaan narkoba. Membuat berbagai bentuk perlindungan dan strategi yang baik dalam upaya kita melindungi anak dari bahaya narkoba adalah tindakan yang paling tepat untuk menyelamatkan mereka sebagai generasi penerus bangsa, bebernya.

Kepala BNNK ini pun memberikan stategis bahwa tidak ada salahnya sebagai orang tua kita juga bisa sebagai sahabat bagi anak. Perhatikan apa yang tengah terjadi dalam kehidupan anak.

Dengarkan keluhan dan kekhawatiran dirinya. Buatlah anak merasa nyaman jika bercerita dengan anda, berikan kepercayaan kepadanya dan tanamkan bahwa anda memang sangat memperdulikan dan memperhatikannya.

Dengan begitu, diharapkan setiap anggota keluarga khususnya anak merasa mendapatkan perhatian penuh dari orang tua.

Karena salah satu hal yang memicu anak mendekati narkoba karena kurangnya perhatian kepada mereka, sehingga mereka merasa terabaikan dan tidak berharga, kata Haris mengingatkan. (*)

Share

Tinggalkan Balasan