Sab. Mei 25th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Hasil Pemilu Gorontalo Sudah Tepat

3 min read
“kegiatan pleno rekapitulasi dan penetapan hasil perolehan suara yang dihadiri KPU, Bawaslu dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah”. (foto/istimewa)


RGOL.com
– Proses pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di Provinsi Gorontalo baik Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) sudah selesai sampai pada tahap akhir Pleno.

Penetapan Hasil Perolehan Suara di tingkat KPU Provinsi Gorontalo. Semua tahapan Pemilu di Gorontalo berjalan aman, sukses dan demokratis.

Keberhasilan penyelenggara Pemilu mulai dari KPPS, PPK, KPU dan Bawaslu mensukseskan Pemilu di Gorontalo,

menuai banyak pujian dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, bahkan tokoh pemuda pun memberikan apresiasi atas hasil kerja penyelenggara Pemilu di Gorontalo.

Tokoh Pemuda Gorontalo, Nurhadi Taha yang juga Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), sangat mengapresiasi Kinerja dari penyelenggara Pemilu yakni KPPS, PPK dan KPU serta Bawaslu,

baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Memang kata Hadi, pemilu serentak ini hal yang baru dan menguras banyak energi dan ketahanan fisik. Makanya dibutuhkan sumber daya yang kuat dan itu yang sudah dimiliki penyelenggara Pemilu sekarang ini.

Buktinya, meski menguras tenaga dan pikiran, serta prosesnya ribet dan panjang, tapi penyelenggara Pemilu mampu menghadapi itu.

“saya bangga melihat penyelenggara Pemilu yang gigih dan sudah sangat maksimal, jujur, transparan dan demokratis dalam melaksanakan tugasnya dari jenjang perhitungan di tingkat TPS, PPK, KPU Kabupaten/Kota sampai KPU Provinsi Gorontalo dengan hasil yang maksimal,” ujarnya.

Hal senada disampaikan tokoh masyarakat Provinsi Gorontalo, Adhan Dambea yang mengaku syukur alhamdulillah hasil akhir penghitungan suara di KPU Provinsi Gorontalo sudah tepat, maksimal dan aman.

“ini artinya penyelenggara Pemilu dari tingkat KPPS, PPK, KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi dan Bawaslu sudah bekerja dengan baik sesuai aturan dan tanpa kecurangan,” ujar mantan Walikota Gorontalo ini.

Kalaupun ada yang protes, bagi Adhan itu hal yang wajar dalam berdemokrasi, apalagi KPU dan Bawaslu memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengadu. Ini menunjukan Pemilu di Gorontalo benar-benar demokratis.

“kalau saya melihat proses Pemilu sampai dengan penetapan hasilnya di KPU Provinsi Gorontalo tidak perlu dipersoalkan, karena semua berjalan dengan transparan, jujur, adil dan demokratis,” ungkapnya.

Adhan menegaskan secara keseluruhan, Pemilu di Gorontalo aman dan sukses. “kepada masyarakat Gorontalo, kita serahkan proses ini kepada KPU dan Bawaslu.

Mari kita bersama-sama menunggu hasil akhir dari KPU RI.

Dan saya menghimbau kepada masyarakat Gorontalo, siapapun nanti yang menang di tingkat nasional, baik Presiden, DPR RI maupun DPD RI, mari kita terima dan mendukungnya dengan senang hati,” tutur Adhan.

Sementara itu, sesuai data yang dihimpun Rakyat Gorontalo dari hasil Pleno KPU Provinsi Gorontalo untuk Pilpres, sesuai dengan formulir model DC1 menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin menang di Provinsi Gorontalo dengan perolehan suara 369.803.

Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kalah dengan hanya memperoleh suara 345.129.

Selain perolehan suara Provinsi, kedua pasangan calon presiden juga punya perolehan suara di Kabupaten/Kota. Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memperoleh suara 45.970 di Kota Gorontalo

46.545 suara di Bone Bolango, 133.621 suara di Kabupaten Gorontalo, 35.224 suara di Gorontalo Utara, 55.662 suara di Boalemo dan 52.781 suara di Pohuwato.

Sedangkan untuk pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh suara 70.744 di Kota Gorontalo, 55.886 suara di Bone Bolango, 110.921 suara di Kabupaten Gorontalo, 38.956 suara di Gorontalo Utara,

33.466 suara di Boalemo dan 35.156 suara di Pohuwato. Terkait dengan berakhirnya Pleno di tingkat KPU Provinsi, tokoh agama Provinsi Gorontalo, KH. Abdul Rasyid Kamaru menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga keamanan, memperat silaturahim dan memperkuat persatuan. (rg-46)

Share

Tinggalkan Balasan