Kam. Jun 27th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Gula Pasir Tembus Rp 18 Ribu

2 min read
Gubernur Rusli Habibie bersama Kadis Kumperindag saat gelar operasi pasar, Rabu (8/6)
Gubernur Rusli Habibie bersama Kadis Kumperindag saat gelar operasi pasar, Rabu (8/6)

GORONTALO (RadarGorontalo.com) – Rusli Habibie kaget bukan main. Operasi pasar yang ia pimpin langsung Rabu (8/6), ditemui harga gula pasir tembus hingga Rp 18 ribu perkilogram. Ini merupakan harga gula pasir tertinggi selama operasi pasar digelar. Untuk mengantisipasi lonjaknya harga gula tersebut, saat itu juga Rusli instruksikan Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo Haris Hadju, bersama Camat dan Lurah untuk mengelar pasar mudah. “Aduh, ini harga termahal. Tolong yaa pak Kadis, koordinasikan dengan Camat dan Lurah, tentukan lokasi sore ini juga laksanakan pasar murah ditempat ini,” perintah gubernur Rusli, saat menerima keluhan warga Kelurahan Pilolodaa, Kecamatan Kota Barat, pada Ground Breaking atau pencanangan pembangunan jalan dan jembatan yang menghubungkan Pilolodaa dengan Iluta, Rabu (8/6).

Operasi pasar yang digelar Kumperindag Provinsi ini menurut Gubernur, sebahagian besar harga bahan pokok disubsidi Pemprov. Dimana untuk harga gula pasir hanya dijual Rp 10 ribu perkilogram, sementara minyak goreng, beras dan bahan pokok lainya rata-rata disubsidi sebesar Rp 2.000 perkilonya. “Tapi jangan dijual kembali yaaa,” kata Rusli bercanda dihadapan ratusan masyarakat Pilolodaa, kemarin. Untuk mengantisipasi pembelian dalam jumlah banyak alias penimbunan dengan tujuan akan dijual kembali, Kumperindag dari awal sudah mengantisipasinya dengan cara membatasi jumlah yang bisa dibeli. “Paling banyak 3 kilogram, karena pernah kejadian mereka jual kembali,” ungkap Kadis Kumperindag Haris Hadju.

Selain perintahkan operasi pasar murah, pada kunjungannya kemarin gubernur bawa ole-ole berupa sembako 300 paket dengan harga tiap paket Rp 100 ribu. Namun dibagi-bagi gratis kepada masyarakat Pilolodaa, dengan catatan disubsidi Pemprov sebesar Rp 50 ribu, dan sisanya Rp 50 ribu lagi secara pribadi ditanggung oleh gubernur Rusli Habibie.

Sementara itu, Camat Kota Barat Thamrin Husain mengatakan, masyarakatnya sangat senang dan menyambut gembira kunjungan gubernur di daerah tersebut. Karena selama ini daerah mereka sangat jarang dikunjungi pejabat, apalagi datang bawa ole-ole untuk mereka. “Yaa tadi pak Gubernur bagi-bagi sembako 300 paket, dan bantuan 25 juta ke Masjid Al-Muawanah. Bukan itu saja, tadi juga pak Gubernur perintahkan kami untuk gelar pasar murah di daerah ini,” jelas Camat Kota Barat, usai pencanangan jalan dan jembatan Pilolodaa, kemarin. (rg-50)

Share

Tinggalkan Balasan