Kam. Jun 27th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Gender Itu Bukan Perempuan? Begini kata Pemateri Kemendagri

1 min read
Rino Rio (tengah) pemateri Kemendagri pada bimtek yang diikuti Aleg Deprov

RadarGorontalo.com – Ini paradigma yang diakui oleh jajaran DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo, masih banyak ditemui salah pemahamannya di lapangan, terkait arti dari Gender.

Dimana, tidak sedikit masyarakat, bahkan di sejumlah instansi sendiri, menganggap gender itu, adalah penyebutan untuk perempuan.

Seperti penyebutan untuk ‘keterwakilan gender di pemilu’. Itu sebenarnya salah, dan tidak sedikit akan lebih menuai penyebarannya di masyarakat banyak, bahwa gender itu perempuan.

“Padahal, yang namanya gender itu, bisa laki-laki, bisa pula perempuan. Tergantung konteks dimana kita mendudukan persoalannya.

Misalnya, sebuah kegiatan yang hanya mengakomodir banyak kaum perempuan, sementara kaum laki-laki dapat pula mengikutinya, tapi tidak dibolehkan.

Begitu pun sebalik nya.” ujar pemateri dari Kemendagri yang memberikan Bimtek di jajaran Deprov, Rino Rio, mempertegas pendapat dari dua aleg Deprov, Hidayat Bouty, dan Alfian Pomalingo, disela-sela Bimtek Deprov, kemarin.

“Bahwa, pentingnya pemerintah pusat mensosialisasikan, apa sebenarnya itu gender. Karena, tidak hanya di masyarakat, bahkan di instansi terkait pun, kerap menyebutkan keterwakilan gender.

Yang mayoritas dipahami oleh masyarakat, merupakan obyek atau sebutan lain untuk kaum perempuan, dalam mengikuti kegiatan tertentu,” ujar Hidayat dan Alfian, senada.

Olehnya, pihak Kemendagri mengaku, kelak nantinya, akan turut mengharapkan kepada setiap pemerintah daerah. Untuk mensosialisasikan arti dan pemahaman akan gender.

“Jadi, arti dan pemahaman terkait gender itu adalah, kesetaraan atau dukungan keadilan, baik bagi perempuan dan laki-laki, dalam melakoni sebuah kegiatan,” terang Rino Rio dari Kemendagri RI. (ay1)

Share

Tinggalkan Balasan