Sen. Jun 17th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Gebyar Ketupat 2019, Gorut Catat Rekor Muri 204.120 Buah Ketupat

2 min read

RGOL.com – Gebyar ketupat tingkat provinsi Gorontalo yang dipusatkan di Kecamatan Atinggola, Rabu (12/6) kemarin, berhasil mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) baru.

Ini berkat keberhasilan mencatatkan rekor dengan jumlah ketupat terbanyak. Yakni, sebanyak 204.120 buah ketupat. Sebelumnya rekor ketupat terbanyak dipegang provinsi Gorontalo saat gebyar ketupat di Kecamatan Limboto Barat yakni sebanyak 56.100 buah ketupat.

Ivana Iring Restu Lahay selaku notaris yang ditunjuk pihak Muri untuk melakukan hasil pemeriksaan jumlah ketupat, mengaku dalam penetapan rekor ini.

dirinya telah melakukan survey ke setiap stand yang menyiapkan ketupat di kompleks lapangan Atinggola yang menjadi pusat pelaksanaan gebyar ketupat akbar tingkat provinsi Gorontalo.

Dimana, Ivana mengaku, apalagi memang dari masing-masing kecamatan di Gorut telah menugaskan ke masing-masing desa itu minimal 500 buah ketupat.

“Jadi setelah hasil survey keliling, totalnya itu 204.120 buah, termasuk di pagar dan di pohon-pohon yang mengitari lapangan, serta di tugu menara kompleks lapangan tersebut.

Kalau dikurangi dari provinsi sebanyak 33 ribu, maka khusus Gorontalo Utara adalah 171.120 buah ketupat,” imbuh Ivana.

Notaris muda itu juga mengaku bahwa berdasarkan verifikasi yang dilakukan bersama dengan rekan-rekannya dari Muri Jakarta, untuk bisa memecahkan tahun ini, maka minimal harus melebihi 10 persen dari tahun 2018 kemarin. Dimana, tahun kemarin 56.100 buah ketupat. Sehingga minimalnya harus 61 ribu buah ketupat.

“Dan alhamdulillah tadi itu (kemarin) Gorontalo Utara itu 171. 120 buah ketupat. Dan berarti dari hasil BAP saya, nanti akan dikirimkan beserta dokumentasi hasil rekapan tadi sama berita acara masing-masing semuanya.

Kemudian hasil dokumentasi video dan foto, itu yang kami tim verifikasi kirim ke verifikasi Muri dan insya Allah piagam penghargaan akan dikirim kesini atau pun dijemput langsung,” papar Ivana.(indra)

Share

Tinggalkan Balasan