Kam. Jun 27th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Cegah Peredaran Narkoba, BNNK Bonebol Tes Urine Prajurit Kodim 1304

2 min read
Babinsa se-Bone Bolango menjalani tes urien di Makodim 1304 yang digelar BNNK Bonebol 

RadarGorontalo.com – Sedikitnya ada 22 Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil se-Kabupaten Bone Bolango dites urine setelah mengikuti penyuluhan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang digelar BNNK Bone Bolango di Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 1304, Senin 25/3).

Penyuluhan yang dipimpin Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Bone Bolango, Mulyati Imran, SKM dan didampingi Penyuluh Narkoba Ahli Pertama Muzzammil D. Massa, S.Sos. tersebut juga dihadiri para perwira di jajaran Kodim 1304.

Mulyati Imran dalam materinya menyampaikan bahwa peran Babinsa dalam upaya P4GN yaitu sebagai agen pemulihan yang berwenang mengajak masyarakat berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan rehabilitasi penyalahgunaan narkoba.

BNNK Bonebol saat melakukan tes urine kepada prajurit TNI

Selain itu juga Babinsa diharapkan membantu BNN dan kepolisian dalam upaya penindakan hukum pengedar narkoba, kata Mulyati.

Harapannya Babinsa dapat menyampaikan kembali informasi atau pengetahuan tentang pidana Narkotika dari UU 35 Tahun 2009 tentang Narkotika sehingga menyebarluas ke seluruh lapisan/pelosok masyarakat desa tempatnya bertugas.

Babinsa juga diharapkan dapat mewujudkan lingkungan desa yang bersih dan lebih mengerti akan pentingnya menghindari Narkoba dalam setiap bentuknya melalui pembinaan oleh Babinsa dijajaran Kodim 1304.

Sementara itu Muzzammil Massa menyampaikan bahaya narkoba merupakan ancaman kedaulatan bangsa, karena dapat digunakan sebagai proxy war. Karena itu masalah narkoba juga menjadi masalah pertahanan keamanan.

Sehingga penanangannya butuh partisipasi aktif dari TNI, terangnya. Sementara itu tes urine dipimpin Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Bonebol, Devi Ariani Kum, SE, MM dengan menggunakan alat skrining 6 parameter. Peserta tes urine 22 orang kesemunya negatif. (*)

Share

Tinggalkan Balasan