Ming. Jun 16th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Berharap DOB Gorontalo Masuk Desertada

1 min read
Agenda konsultasi jajaran Komisi I Deprov Gorontalo di Kemendagri, terkait Daerah Otonomi Baru (DOB), pekan lalu. (foto dok)
Agenda konsultasi jajaran Komisi I Deprov Gorontalo di Kemendagri, terkait Daerah Otonomi Baru (DOB), pekan lalu. (foto dok)

JAKARTA (RADAR) – Komisi I Deprov Gorontalo, berharap Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), agar memasukkan 3 usulan Daerah Otonomi Baru (DOB), atau pemekaran wilayah dari Gorontalo masing-masing Gorontalo Barat, Boliyohuto dan Panipi, agar masuk dalam Desain Besar Penataan Daerah (Desertada). “Desakan ini kami sampaikan, karena Kemendagri sekarang ini tengah menyusun rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang Desertada,” ujar Anggota Komisi I Deprov, Suharsi Igrisa. Diakuinya, kebijakan Pemerintah Pusat yang menata kembali penataan daerah memang telah mementahkan perjuangan pembentukan 3 DOB yang telah mendapatkan amanat presiden (ampres) pada era pemerintahan SBY. “Sekarang harus kembali lagi dari nol. Tapi kami tidak pernah patah arang untuk memperjuangkan terwujudnya usulan DOB Gorontalo,” kata srikandi dari Partai Golkar ini. Menurutnya lagi, langkah prioritas yang harus dilakukan untuk kemulusan pemekaran daerah adalah masuk dalam desertada untuk penetapan kuota pemekaran. Karena pemerintah pusat telah membuat proyeksi pemekaran wilayah dari 2016 sampai 2025. “Mana yang akan ditetapkan terlebih dahulu. Makanya harus berjibaku karena akan bersaing dengan usulan dari daerah lain,” tambahnya. Oleh karena itu, Suharsi berharap wakil-wakil Gorontalo baik yang duduk di DPR dan DPD agar bisa terus mengawal usulan pemekaran Gorontalo. Termasuk supporting dari Pemerintah yang ada di daerah baik Provinsi maupun kabupaten Induk. (ay1)

Share

Tinggalkan Balasan