Sen. Jun 17th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Bahaya Langsung Merokok Saat Buka Puasa

1 min read
Foto: Shutterstock

RGOL.com – Merokok sejatinya merupakan tabiat buruk jika dilakukan dalam keadaan manapun, terutama ketika sedang berpuasa.

Seperti yang kita ketahui, rokok mengandung berbagai zat kimia yang buruk bagi tubuh. Zat serta dampak yang diberikan sudah dipaparkan di bungkus kemasan rokok.

Namun tidak semua orang tahu bahwa bahaya merokok akan berlipat ganda ketika orang dalam kondisi perut kosong.

Dilansir dari Hello Doktor, merokok ketika berbuka puasa berisiko meningkatkan rasa mual, letih, pening hingga muntah.

Hal ini terjadi karena karbon monoksida menurunkan kadar oksigen dalam darah. Sel tubuh yang kekurangan oksigen akan membuat dan merasa letih dan pening.

Zat tersebut juga dapat menurunkan fungsi otot dan jantung.

Selain penyakit jantung dan stroke, merokok pada jam berbuka puasa dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Nikotin yang diserap tubuh dalam keadaan berpuasa lebih besar dibandingkan dalam keadaan perut sudah terisi.

Puasa, Masa Latihan untuk Berhenti Merokok

Sama halnya dengan menahan hawa nafsu, rasa lapar dan haus, puasa juga bisa dijadikan sebagai masa latihan untuk berhenti merokok.

Menahan nafsu ingin merokok selama 13 jam sudah merupakan hal yang luar biasa bagi perokok aktif. Agar lebih efektif, teruslah kurangi jumlah rokok sedikit demi sedikit.

Lakukan kebiasaan ini secara rutin, bahkan hingga bulan puasa sudah usai. Tentu saja konsisten dan sabar menjadi kuncinya.

Semoga berhasil

Share

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan