Sen. Jun 17th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Asa 2009-2014 Terulang, Ini Tiga Srikandi ke Senayan

2 min read
Ilust DWI RG

RGOL.com – Keterwakilan kaum perempuan Gorontalo di jajaran wakil rakyat yang berada di pemerintah pusat, atau di tingkat DPR dan DPD RI, tetap terjaga.

Bahkan, jika di periode 2014-2019 sebelumnya, tiga srikandi yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) provinsi Gorontalo, kesemuanya hanya mengisi keanggotaan DPD RI.

Maka untuk periode 2019-2024 mendatang, asa tiga srikandi yang berhasil melenggang ke dua lembaga wakil rakyat tertinggi di Indonesia itu, berhasil membagi diri.

Idah Syahidah ke DPR RI, serta Rahmijati Jahja dan Dewi Sartika Hemeto mampu mempertahankan eksistensi mereka di DPD RI.

Dengan pembagian ini sendiri, tidak hanya terakomodir minimal keterwakilan 30 persen perempuan dari dapil provinsi Gorontalo, di masing-masing jenjang legislatif di pemerintahan pusat saja.

Namun juga, komposisi satu perempuan di DPR, dan dua perempuan di DPD RI ini, mengulang sukses keterwakilan perempuan di pemerintah pusat, pada periode 2009-2014 silam.

Dimana, ada Kasma Bouty di DPR RI, serta Hana Hasanah dan Rahmijati Jahja, di DPD RI saat itu.

Sehingganya, dengan terbagi-nya kembali komposisi, ada keterwakilan perempuan di DPR RI dan juga di DPD RI ini, kian mendulang asa atau harapan.

Agar ragam aspirasi dan segala keberpihakan serta hak-hak khususnya kaum perempuan se provinsi Gorontalo, lebih dapat diperjuangkan oleh ketiga srikandi asal dapil Gorontalo ini.

Yang keseluruhannya diharapkan tidak saja bermuara pada peningkatan kesejahteraan para kaum perempuan di Gorontalo, dengan ragam keterbukaan lapangan pekerjaan dan aktivitas yang mereka geluti.

Namun lebih dari itu, kaum perempuan di provinsi Gorontalo, semakin diberikan porsi dan kepercayaan bagi mereka, dalam merintis jejak-jejak kepemimpinan di berbagai lingkup instansi dan kelembagaan.

Tentunya tidak melupakan kodrat mereka sebagai wanita, sebagai pendamping suami dan dalam membina anak-anak serta keluarga mereka masing-masing. (ay1)

Share

Tinggalkan Balasan