Ming. Jun 16th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Antisipasi Kerawanan Pemilu, Korem-Polda Gelar Simulasi Pengamanan

2 min read
DANREM 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw pimpin simulasi Pemilu dalam rangka menghadapi Pileg dan Pilpres 2019. 

RadarGorontalo.com – Komando Resimen (Korem) 133/Nani Wartabone bersama Polda Gorontalo menggelar simulasi penanganan konflik Pemilu. Simulasi tersebut dilakukan ini untuk melihat kesiapan prajurit dalam melakukan pengamanan Pemilu, Rabu (17/4) lusa.

Apalagi Pemilu serentak ini baru pertama di Indonesia, sehingga perlu antisipasi yang ekstra ketat agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

Simulasi yang dipimpin Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw dan Kapolda Gorontalo diwakili Karo Ops Polda Gorontalo Kombes Pol Frans bersama KPU dan Bawaslu Provinsi Gorontalo.

Danrem 133/Nani Wartabone, Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mematangkan rencana sinkronisasi, integrasi dan perpaduan pelaksanaan tugas Korem 133/Nani Wartabone selaku Satgas Ops TNI beserta Subsatgas jajaran dalam rangka menghadapi Pileg dan Pilpres tahun 2019.

Terutama dalam upaya perbantuan kepada Polda Gorontalo. Oleh karena itu, seluruh peserta harus memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, terlebih khusus jalur koordinasi yang harus ditempuh guna keberhasilan pelaksanaan tugas yang diemban.

“Jadi yakinkan bahwa rancangan TFG yang akan digelar nanti benar-benar dapat memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para prajurit Korem 133/Nani Wartabone dalam menjalankan tugas perbantuan pengamanan Pileg dan Pilpres tahun 2019 kepada Polri.

Gunakan waktu yang ada dengan efektif dan efisien untuk berkoordinasi dan berdiskusi, sehingga latihan TFG Korem 133/Nani Wartabone benar-benar realistis,” jelasnya.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan simulasi Pemilu tahun 2019 yang dimainkan di atas peta dengan nama Tactical Floor Game (TFG).

Dimana pemaparan dilakukan oleh para Kapolres jajaran Polda Gorontalo, Dandim 1304/Gorontalo dan Dandim 1313/Pohuwato serta para staf Korem maupun KPU dan Bawaslu Provinsi Gorontalo terkait penempatan pasukan pengamanan serta kerawanan daerah Pemilu maupun antisipasi pada kegiatan Pemilu yang tinggal beberapa hari kedepan.

Dalam kegiatan simulasi TFG ini diikuti oleh para Kapolres, Kapolsek dan staf operasi Polda Gorontalo, Kodim 1304/Gorontalo dan Kodim 1313/Pohuwato, para Danramil serta Danposramil maupun staf Korem 133/Nani Wartabone yang terkait, Brigif 22/Otamanasa serta KPU dan Bawaslu Provinsi Gorontalo yang berlangsung selama sehari. (Youdi)

Share

Tinggalkan Balasan