Sab. Mei 25th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Agar Lebih Tepat Sasaran, Penerima PKH Akan di Verifikasi Ulang

1 min read
“Kartu Peserta PKH”

RGOL.com – Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) akan didata ulang. Hal itu dilakukan karena diduga ada program yang salah sasaran.

Bahkan Gubernur Rusli Habibie mengatakan, agar warga yang tidak miskin namun terdaftar sebagai penerima PKH segera dicoret.

Data tersebut selanjutnya diganti dengan warga yang berhak menerima. Terkait hal itu, Kadis Sosial Provinsi Gorontalo Risjon Sunge dalam sebuah kesempatan menjelaskan, pihaknya sedang melakukan proses verfikasi ulang penerima bantuan sosial.

Tidak saja PKH namun juga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), BPNT-D dan Beras Sejahtera (Rastra) dari pemerintah pusat.

“Proses pendataan warga miskin itu mengacu pada Basis Data Terpadu (BDT), sementara untuk pengusulan penerima PKH masuk dalam data Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKSNG).

Jadi ketika warga miskin sudah naik statusnya tidak lagi masuk ketegori itu akan dicoret dari SIKSNG namun tetap terdata di BDT,” ujarnya.

Adapun mekanisme pengurusan program PKH, yakni warga miskin diminta untuk mengurus surat keterangan tidak mampu di kantor desa/kelurahan setempat.

Berbekal surat tersebut ditambah foto copy KTP dan KK, warga miskin diminta melapor ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota atau datang langsung ke Dinas Sosial Provinsi.

Setelah itu akan turun tim melakukan verifikasi. Jika memenuhi syarat maka akan didaftarkan untuk menerima bantuan sosial di tahun berikutnya. (RG-25)

Share

Tinggalkan Balasan