Kam. Jun 27th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

1.671 Anggota KPPS Sakit, 230 Orang Meninggal Dunia

1 min read
Ilustrasi By Dwi

Radargorontalo.com – Petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang meninggal dunia setelah bertugas di Pemilu 2019 semakin bertambah. Data KPU per Jumat (26/4) sore ini, jumlah petugas KPPS meninggal mencapai 230 orang.

Sementara, jumlah personel Polri yang meninggal dunia setelah menjalankan tugas pengamanan pemilu, data terbaru menyebut 18 orang. Sedang anggota Panwaslu yang meninggal mencapai 33 orang. Total 281 petugas pemilu 2019 meninggal dunia.

“Catatan kami, petugas yang wafat 230 orang. Sementara itu, yang sakit sudah 1.671. Total petugas kami yang mendapatkan musibah 1.901,” kata Komisioner KPU, Viryan Aziz saat dihubungi, Jumat.

Menurut Viryan, data petugas yang meninggal dan sakit berpotensi akan bertambah. Sebab, petugas masih melakukan penghitungan di tingkat Kecamatan. “Sepertinya, masih akan bertambah,” ungkap dia.

Sementara itu, Komisioner KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, pihaknya akan berupaya memberikan santunan kepada petugas KPPS yang meninggal dunia dan sakit. KPU terus berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan terkait besaran santunan.

“Ya, KPU akan bicara dengan Kemenkeu, standarnya seperti apa untuk kematian. Katakan sudah disetujui besarannya, KPU harus mengidentifikasi, siapa yang meninggal,” ungkap dia. (jpnn)

Share

Tinggalkan Balasan