Yunus Lebih Berpeluang di Pohuwato, Jika Tak Jadi di Pilwako

YUNUS NUSI, SE

RadarGorontalo.com – Langkah mundur Yunus Nusi yang akan masuk ke Pohuwato, jika tak jadi bertarung di Pilwako, patut diwaspadai. Berimbangnya kekuatan pasca pemerintahan Syarif Mbuinga nanti, memberikan peluang bagi siapa saja, yang ingin merebut kursi bupati.

Menurut beberapa sumber, dibanding Pilwako, Yunus memang lebih berpotensi maju di Pilkada Pohuwato. Pasalnya, Yunus adalah putra asli Kecamatan Paguat. Minimal, Yunus sudah punya modal dukungan dari kecamatan itu. Tinggal dipoles sedikit, popularitas dan elektabilitasnya bisa menyentuh dua digit. Apalagi, jika kemudian, exco PSSI itu mendapatkan pasangan yang tepat. Beda dengan Pilwako, khusus pilkada Pohuwato Yunus sepertinya percaya diri maju papan satu.

Jika benar seperti itu, maka Pilkada Pohuwato nanti akan sangat sengit. Karena ada sederet nama populer, yang diwacanakan bakal maju bertarung. Sebut saja, Ketua DPRD Nasir Giasi yang mengandalkan dukungan Golkar dan kalangan muda. Belum lagi ada, Ibrahim Bouty mantan kadis di Pohuwato yang kini menjadi pejabat di kementrian pusat. Suharsi Igrisa Aleg Deprov, Iwan Adam Ketua FPG hingga Yusuf Mbuinga mantan ketua KPU. Itu baru kalangan politisi, belum ditambah dengan para penghusaha.

Kendati demikian, menurut beberapa pengamat, figur yang unggul adalah mereka yang mendapatkan dukungan dari Syarif Mbuinga. Karena bupati dua periode itu, sangat mengakar di masyarakat. Itu terlihat dari hasil beberapa lembaga survey yang pernah mengungkap, bahwa kemenangan Golkar di Pohuwato, lebih didominasi ketokohan Syarif dibanding partai itu sendiri. (rg-51)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *