Wajah Baru Pohon Cinta

Pantai Pohon Cinta Pohuwato (Foto : Roney Mile, Instanusantara)
Pantai Pohon Cinta Pohuwato (Foto : Socno Nimbuzzer)

RadarGorontalo.com – Siapa tak kenal Pohon Cinta. kawasan yang terletak di Desa Pohuwato Timur Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato itu, sungguh tersohor. Pantai pasir putih, membuat orang yang berkunjung betah berlama-lama disitu. Sambil menyeruput segelas es kelapa muda, wisatawan bisa menikmati tenggelamnya matahari. Tempat yang dulunya buruk dan kumuh, kini berganti kulit menjadi tempat paling nyaman untuk didatangi. Konon, tempat ini perlahan akan dijadikan sebagai tempat wisata religi.

Cerita soal Pohon Cinta, duluu… skali nama itu pernah menyandang image buruk. Deretan warung remang-remang menghiasi kawasan yang dulunya menjadi tempat plesir paling favorit pria hidung belang di Pohuwato. Bukan rahasia lagi, kalau ada kunjungan dari luar daerah, sebagai pengunjungnya pasti parkir disitu malam hari. Pohon cinta pun menjadi tempat paling rawan tindak kriminalitas, seperti prostitusi hingga perkelahian. Pemeritahan disana pun, dibuat pusing karenanya. Pernah berganti nama jadi kelapa dua, tapi kurang berhasil, karena nama Pohon cinta, sudah terlanjur melekat.

Pemerintah kemudian putar otak. Tak apalah namanya tetap pohon cinta, tapi tempatnya dibenahi. Bupati Syarif Mbuinga pun, di periode pertama pemerintahannya, mulai menggelontorkan miliaran anggaran, mulai dari perbaikan akses jalan, hingga penambahan fasilitas taman dan sebagainya. Tujuannya tak sebatas memperbaiki image pohon cinta tapi lebih dari itu, untuk menyediakan tempat wisata yang layak bagi masyarakatnya. Setelah beberapa tahun dikerjakan, akhirnya belum lama ini diresmikan oleh Gubernur Rusli Habibie. Tempat yang dulunya dihiasi deretan tempat maksiat, tak terlihat lagi. Yang ada, hanyalah kawasan yang nyaman untuk didatangi bersama keluarga. Sepintas mirip pantai Losari Makassar.

Belum selesai disitu. Rupanya Bupati Syarif menyiapkan konsep hebat untuk memperbaiki citra Pohon Cinta yang sudah terlanjur rusak. Dengan mengusung tema wisata religi, kawasan itu akan dibangunkan Masjid terapung, yang desain bangunannya seperti orang bersujud. Masih kaitan dengan wisata religi, Masjid Agung Baiturrahman Marisa pun akan lebih dipercantik lagi. Konon, masjid ini akan menjadi masjid paling megah dan cantik di Provinsi Gorontalo. Pekerjaanya kini tengah digenjot.

Pohon cinta kini menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi di akhir pekan bersama keluarga. Bagi mereka yang ingin menginap, tak perlu khawatir. Pohuwato punya banyak penginapan yang cukup terjangkau. Tak jauh dari lokasi pohon cinta pun ada. Tak cuma Pohon cinta, Pohuwato juga menawarkan tempat wisata lain, salah satunya Kampung Terapung Torosiaje yang namanya sudah tersohor hingga mancanegara. (zhk/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.