Wagub Idris Siap Mediasi Perseteruan Rusli-Rachmat

Idris Rahim

RadarGorontalo.com – Bak gayung bersambut, keinginan rakyat banyak mendamaikan Rusli Habibie dan Rachmad Gobel yang belakangan terlibat perseteruan politik yang sangat tajam, mulai bergerak maju.

Dan kemarin Wagub Idris Rahim yang menyanggupi untuk menjadi mediator mempertemukan kedua tokoh besar Gorontalo itu.

Seperti yang disampaikan Walikota Marten Taha, orang yang paling tepat mengambil peran mempertemukan RH-RG adalah Idris Rahim, karena Idris juga punya gelar adat dan dia juga orang yang dituakan.

Idris sendiri ketika dimintai tanggapannya mengatakan, jika dirinya siap mengambil peran itu, tetapi dia perlu tahu dulu apakah RH dan RG mau.

Apalagi kata Idris, dia tidak tahu latar belakang perseteruan mereka. “Saya akan melakukan pendekatan dengan mereka berdua,” kata Idris.

Sementara itu Ketua lembaga Adat Gorontalo, Abdullah Paneo mengatakan yang punya gelar adat itu adalah panutan, apalagi Rusli Habibie yang punya gelar Tauwa lo Hunggia atau pemimpin Negeri yang arief bijaksana dan penuh Kekeluargaan.

Demikian juga Rachmad Gobel yang diberi Gelar Ti Bulilango Hunggiya yang artinya Cahaya Negeri. Sebenarnya para Bate punya kewenangan penuh menyelesaikan masalah-masalah seperti ini.

“Walikota dan Bupati, mereka ini para Bate, karena itu mereka bisa melakukan gelar adat dan kami pemangku adat siap melaksanakannya.

Adat itu ada di Kabupaten dan Kota,” kata mantan Camat ini. Dalam adat Gorontalo, jika sudah meminta maaf maka persoalan dianggap sudah selesai.

“Saya kira Lembaga Adat ini sudah harus berfungsi dan berperan menyelesaikan persoalan-persolan seperti ini,” tandasnya. (rg-46)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *