Ungkap Fakta Dibalik Pemakzulan, Mendagri Utus Tim Verifikasi ke Kabgor

RadarGorontalo.com – Sepertinya ending dari drama pemakzulan Wabup Kabupaten Gorontalo, sepenuhnya ditentukan Kemendagri. Bukan mustahil, kasus ini mental jika tim verifikasi menemukan hal-hal yang dianggap kurang kuat untuk dijadikan dasar untuk pemakzulan.

“Pekan depan, mulai Senin (Hari ini) tim verifikasi ke gorontalo, selama lima hari,” ujar Dirjen OTDA Kemendagri RI Soni Sumarsono, Sabtu (09/12) akhir pekan kemarin melalui pesan selular. Agenda yang akan dilakukan tim verifikasi ini kata Soni, akan mengungkapkan fakta kejadian dari persoalan tersebut. Yang tidak hanya terpusat di kantor pemerintahan daerah kabupaten Gorontalo saja, namun semua pihak terkait akan di datangi. “Tim yang pastinya akan kesana sini, mencari faktanya dan ditindak lanjuti,” ungkap Soni.

Mantan Plt Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, sebelum masuk tahap baru pihak Kemendagri telah meminta tanggapan, sekaligus usulan dari Gubenur Gorontalo Rusli Habibie, mengenai kasus tersebut. Yang hasilnya, sepenuhnya kasus tersebut penanganannya diserahkan ke Kemendagri. “Gub sudah menyampaikan laporan DPRD ke Kemendagri, dan menyerahkan sepenuhnya ke Kemendagri,” terang Soni.

Selain itu saat ini Kemendagri tengah mempersiapkan, jadwal pemanggilan Wakil Bupati (Wabup) Kabgor, kata Soni. Yang bisa jadi undangan itu dilayangkan saat tim verifikasi berada di Gorontalo, atau setelah pencarian fakta tentang persoalan di Kabgor selesai diusut. “Kami akan memanggil Wabup, seiring dengan mengutus tim verifikasi ke Gorontalo,” tutur Soni.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.