UNG Raih Medali Emas Kejuaraan Pencak Silat di Manado

M. Lihawa, mahasiswa Semester III FOK UNG, saat opse bersama usai pengalungan medali Emas Kelas Putra pada Open Tournament Pencak Silat memperebutkan Piala Pangdam XIII/Merdeka

RadarGorontalo.com – Dua mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo berhasil membawa pulang satu medali emas dan perunggu kejuaraan pencak silat piala Pangdam XIII/Merdeka di Manado.

Prestasi ini membuktikan bahwa UNG kini memiliki atlet-atlet handal yang kehadiran mereka, tak hanya akan memberi kontribusi prestasi bagi UNG saja. Namun menjadi “masa depannya” Pencak Silat Gorontalo.

“Dari 9 atlet Pencak Silat yang diboyong ke Manado mengikuti Open Tournament, 6 diantaranya adalah mahasiswa semester I, termasuk M. Lihawa peraih 1 medali Emas di kejuaraan tersebut, juga baru semester I,” kata Dr Hartono Hajadrati, selaku Manager tim.

Keenam atlet ini, kata Dr Hartono, rata-rata adalah jebolan PPL-P dan Perguruan Pencak Silat yang sudah sering mengikuti kejuaraan. “Open Tournament Piala Pangdam XIII/Merdeka di Manado, menjadi jam terbang mereka yang pertama di kelas dewasa.

Dan ini juga menjadi kali pertama mereka berhadapan dengan atlet-atlet senior yang sudah malang melintang di pencak silat. Sebelum masuk di UNG, mereka sudah banyak mengikuti kejuaraan untuk kelas remaja,” kata Hartono.

Doktor bidang olah-raga ini menambahkan bahwa Pekan Olahraga Mahasiswa (POMNAS) 2019 nanti, akan menjadi event selanjutnya yang akan diikuti oleh para “pendekar muda” ini.

“Puncak prestasi mahasiswa, khususnya di bidang olahraga, ada di POMNAS. Kita akan persiapkan mereka untuk kembali berlaga di POMNAS 2019. Kemungkinan besar mereka juga masih akan ditangani oleh pelatih Syarif Hidayat,” tukas Hartono. (rg-40)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.