Ulang Tahun Bone Bolango ke-14, Hamim-Kilat Pecahkan 2 Record MURI

BUPATI Hamim Pou, Wabup Kilat Wartabone, Ketua DPRD Faisal Mohi dan Senior Manager Rekor MURI, Awan Raharjo berpose bersama seusai penyerahan 2 rekor MURI Bone Bolango. (foto: Upin/rg)

RadarGorontalo.com – Hebat, inovatif, luar biasa dan spektakuler. Itulah pujian yang wajib diberikan kepada Bupati Hamim Pou dan Wabup Kilat Wartabone bersama seluruh jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Bone Bolango. Kenapa tidak! Dibawah kepemimpinan dua tokoh inilah, Bone Bolango menjadi lebih maju dalam semua bidang pembangunan. Apalagi diusianya yang ke-14 tahun, Hamim-Kilat mampu membawah Bone Bolango keluar dari keterpurukan. Lihat saja dari sisi pengelolaan keuangan daerah.

Ditahun 2011 lalu, laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap pengelolaan keuangan Bone Bolango masih berstatus disclaimer. Dan itu sangat susah untuk diperbaiki. Namun melalui tangan dingin Hamim dan Kilat, laporan keuangan Bone Bolango beranjak membaik dari disclaimer menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Hamim pun tak henti-hentinya untuk berinovasi dalam pengelolaan keuangan.

Alhasil, selama tiga tahun terakhir ini, secara berturut-turut, laporan pengelolaan keuangan Bone Bolango mendapatkan penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Bukan hanya terbaik dalam laporan keuangan, tapi dari sisi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Bone Bolango yang sesuai penilaian Kementerian Dalam Negeri tahun 2012 berada di urutan 352 dari 400 daerah di Indonesia, kini berhasil bangkit dan menempati peringat 84 sesuai yang ditargetkan.

Demikian pula dari sisi kemandirian daerah, berdasarkan penilaian Kementerian Keuangan menyatakan bahwa kabupaten Bone Bolango bukan lagi kabupaten tertinggal. Dan untuk tahun ini, Kementerian Keuangan secara resmi menetapkan kabupaten Bone Bolango sebagai salah satu kabupaten terbaik dan percontohan dalam pengelolaan keuangan daerah dengan keterbatasan fiskal dan wilayah. “inilah hasil kerja keras kami untuk Bone Bolango cemerlang.” kata Hamim. Kini, diusianya yang ke-14, Bone Bolango menunjukan kehebatannya.

Jumat (05/05), dalam rangkaian kegiatan HUT ke-14, Bone Bolango kembali mendapat hadiah istimewah dan sangat spesial. Hadiah itu adalah buah dari inovasi program dan kebijakan Bupati Hamim Pou yang digelar melalui karnaval 2.017 anak sapi dan minum Kopi Organik Pinogu dan Gabulu. Alhamdulillah, dari dua ivent itu, Bone Bolango langsung mendapat 2 rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang diserahkan langsung oleh Senior Manager MURI, Awan Raharjo kepada Bupati Hamim Pou. Bukan itu saja, pada acara yang sama, Bupati Hamim Pou menerima sertifikat indikasi geografis Kopi Organik Pinogu dari Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Sertifikat indikasi geografis merupakan pengakuan secara nasional sekaligus pengaman atas merek, hak cipta dan kekayaan intelektual kopi organik Pinogu berasal dari Bone Bolango. Selain itu, ivent lain yang tak kalah menariknya adalah karnaval anak sapi. Ivent karnaval ini terkait dengan program bantuan sapi yang juga program unggulan Bupati Hamim Pou yang diperuntukan bagi masyarakat rumah tangga miskin di Bone Bolango. Program bantuan sapi ini sudah berjalan beberapa tahun dengan alokasi setiap rumah tangga miskin mendapat 1 ekor sapi. Tapi untuk tahun ini, program sharing dengan kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan ini diinovasi lagi dan nilainya lebih besar. Ada sekitar 5.000 ekor sapi yang disiapkan. Kata Hamim, bantuan sapi untuk setiap rumah tangga miskin tidak hanya satu ekor, tapi dua ekor. Tentu ada syaratnya.

Setelah menerima bantuan, dua tahun kedepan, penerima bantuan sudah harus keluar dari kategori rumah tangga miskin. Program sapi ini bukan hanya sekedar membagikan sapi kepada rumah tangga miskin. Namun penerima bantuan diberikan pelatihan dan penyuluhan bagaimana memelihara sapi yang baik. Olehnya, kegiatan karnaval anak sapi di HUT Bone Bolango ke-14 ini adalah untuk menunjukan komitmen sekaligus mempertegas bahwa produsen sapi terbesar di Gorontalo ada di Bone Bolango. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *