Torosiaje, Upacaranya di Atas Laut

Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Torosiaje
Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Torosiaje

RadarGorontalo.com – Pertama kalinya, upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) dirayakan di atas perahu oleh warga Suku Bajo yang tinggal di pemukiman terapung Desa Torosiaje Laut Kecamatan Popayato.┬áSemua peserta yang mengikuti upacara berdiri di atas perahu yang berjajar. Tak terkecuali pasukan pengibar bendera. Pokoknya, seluruh rangkaian upacara HUT Proklamasi dilakukan di atas perahu dengan lancar dan penuh khidmat.

Upacara unik ini nantinya akan menjadi agenda rutin warga Suku Bajo Torosiaje Laut setiap perayaan 17 Agustus. Berbagai macam lomba pun ikut mewarnai perayaan HUT RI oleh warga desa setempat. Mulai dari lomba panjat pinang di atas air, tarik tambang antar perahu dan lomba dayung antar ibu-ibu.

Pengibaran bendera marah putih di atas perahuu itu dihadiri oleh Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL), Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo, DKP Pohuwato, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan dan Pariwisata, siswa SD, SMP, SMK dan seluruh warga Suku Bajo.

Kadis Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Gorontalo Sutrisno mengatakan, bahwa suku bajo disemua penjuru nusantara menujukan nasionalisme dengan semngat NKRI dengan pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih peringatan HUT RI ke 71. “Kegaiatan tersebut harus dilaksanakan setiap tahun karena negara kita negara maritim yang menjadi poros maritim dunia sehingga ditunjukan oleh Suku Bajo dengan menjaga ekosistem yang ada di laut serta menjaga kebersihan,” terangnya.

Jumlah perahu yang digunakan untuk upacara ini sebanyak 71 buah. Dan dari jauh-jauh hari sudah dipersiapkan. Tak cuma membangkitkan semangat patriotisme, cara ini juga menjadi bagian dari upaya promosi wisata bahari di Gorontalo. (rg-58)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.