TMS Administrasi, Belum Tentu Bisa Diganti

RadarGorontalo.com – Ternyata dalam peraturan KPU khusus untuk pilkada serentak kali ini, tidak secara detail memuat tentang sanksi bagi bakal calon yang tidak memenuhi syarat administrasi, apakah setelah dicoret kemudian tak bisa diganti sama sekali, atau seperti apa. Pasalnya, jika TMS hanya untuk pemeriksaan kesehatan, parpol masih diberikan kesempatan untuk mengganti sebelum penetapan pasangan calon dilakukan.

Dikatakan Ketua KPU Gorut Fadliyanto Koem, untuk bakal calon peserta pilkada di Gorontalo Utara, semua sudah melengkapi kekurangannya sesuai batas waktu yang ditentukan. Dan rata-rata, para bakal calon ini hanya belum melengkapi berkas seperti LHKPN, sehingga semua bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Nah, Fadliyanto juga menjelaskan, dalam PKPU terkait pergantian calon, dilakukan jika yang bersangkutan TMS hanya untuk pemeriksaan kesehatan. Parpol bisa mengajukan calon baru. Namun, jika itu untuk syarat administrasi pihakya kata Fadliyanto masih harus melakukan konsultasi. Karena dalam PKPU, tidak ada yang mengatur untuk kasus seperti itu. (rg-51)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.