Tinggal Ditandatangani, UMP Gorontalo 2 Juta lebih

 

ilustrasi (Anwar/RG)
ilustrasi (Anwar/RG)

RadarGorontalo.com – Upah Minimum Provinsi Gorontalo 2017 hampir pastikan naik dari 1.875.000 menjadi 2.025.000. Rencananya usulan kenaikan UMP ini akan ditandatangani oleh Plt Gubernur Gorontal,. Selasa 1 Nopember . Ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ris Jhon Sunge disela sambutannya mewakili gubernur Gorontalo saat menghadiri musyawarah serikat pekerja Hutan Tanaman Industri (HTI) yang berlangsung Sabtu (29/10.” rancangan dan usulan UMP provinsi Gorontalo sudah rampung, rencananya akan ditetapkan menjadi 2.025.000, dan tinggal ditandatangani oleh gubernur Selasa besok,” ujar Kadis Nakertrans Provinsi Gorontalo Ris Jhon Sunge dihadapan pekerja HTI.

Tentu saja ini mendapat sambutan luar biasa dari para tenaga kerja. ” apa yang ditegaskan oleh Kepala Nakertrans tentang akan ditetapkan UMP provinsi, tentunya kami hargai. dan ini tentu akan jadi bahan evaluasi,” ujar Jurubicara Khusus HTI Mansir Mudeng.

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu. Usulan kenaikan UMP Gorontalo menjadi Rp 2.000.000 perbulan mendapat reaksi dari kalangan pengusaha. Karena dinilai sangat memberatkan apalagi ditengah kondisi ekonomi Indonesia yang lagi lesu. Jika ini dipaksakan, dikuatirkan akan berdampak pada pengurangan tenaga kerja, bahkan bisa berakibat sejumlah perusahaan gulung tikar. Untuk itu sejumlah pengusaha yang tergabung di APINDO merekomendasikan kepada kepada Dewan Pengupahan Provinsi Gorontalo agar tidak menaikan UMP mengigat baru saja dinaikan diawal tahun 2016.

” Hasil rapat anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memang merasa cukup berat dengan adanya rencana kenaikan UMP. Karena jika UMP dinaikan maka akan berdampak pada kenaikan seperti iuran BPJS, Kesehatan, Tenaga Kerja, belum lagi dengan THR dan sebagainya. Jadi efek dominonya membuat cost perusahaan membengkak,’ tegas Ketua Apindo Gorontalo Soeharto Puluhulawa. (rg-20)

Share

Comments

comments

One thought on “Tinggal Ditandatangani, UMP Gorontalo 2 Juta lebih

  • 2 November 2016 at 08:34
    Permalink

    Mantap…intinya 2017 adl thn pengurangan karyawan besar2an berhubung pasaran sepi sementara cost operasional naik terus.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.