Tiga Wanita di Kota Gorontalo Positif Kanker Serviks

RadarGorontalo.com – Setelah dilakukan pemeriksaan dini oleh beberapa instansi terkait, baik dari Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Gorontalo dan Dinas DPPKBP3A Kota Gorontalo. Terhadap 478 wanita termasuk yang muda sudah bertumah tangga, ada sekitar 175 terdeteksi mengidap penyakit kanker serviks. Tiga diantaranya positif menderita penyakit kanker mematikan itu. Ini tentunya menjadi peringatan keras bagi suami-suami, yang sering ‘Jajan’ malam diluar aktivitas kerja. Karena menurut Dokter Riayana salah satu pegawai di Dikes Kota Gorontalo, penyebab utama kanker itu adalah suami yang sering jajan seks. “Setelah kami melakukan pemeriksaan dini, dan mendapatkan temuan dioragan tubuh pasien, maka kami secara langsung memberikan penanganan. Baik itu secara medis, atau pemberitahuan tentang pengobat penyakit ini,” ujarnya.

Ia jelaskan, penyakit ini disebut sebagai penyebab kamatian nomor dua di dunia, setelah penyakit jantung koroner bagi kamu wanita. Setiap dua menit, satu perempuan meninggal karena kanker ini. Di negara berkembang seperti Indonesia, penyakit yang sempat merenggut nyawa Artis terkenal ini, disebut pembunuh nomor satu. Upaya yang dilakukannya bersama dengan instansi terkait termasuk PKK Kota Gorontalo, tidak lain mensosialisasikan pemeriksaan penyakit bagi kaum wanita berrumah tangga. “Termasuk penanganan dengan cara pap smear maupun Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA),” ungkapnya.

Dari pemeriksaan yang dilakukannya terhadap pasien, ada komitmen yang dibangun, seperti merahasiakan penyakit yang diderita pasien. Ini dilakukan, guna proses penyembuhan pasien berjalan dengan baik, tanpa ada rasa ragu, takut dan malu karena menderita penyakit tersebut. Ia juga berharap, pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di Kota Gorontalo, untuk andil dalam kegiatan tersebut. Supaya, membantu masyarakat secara cepat mengetahui kondisi tubuh mereka, apakah sehat atau sakit. “Jika ini dioptimalkan, maka tidak akan ada korban meninggal di Kota Gorontalo, yang diakibatkan penyakit ini,” tuturnya.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.