Tiga Bakal Cagub Memenuhi Syarat

RadarGorontalo.com – Setelah menetapakan pasangan calon perseorangan tidak memenuhi syarat (TMS) Senin, (10/10) kemarin Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo melaksanakan rapat pleno, penetapan hasil penelitian terhadap dokumen perbaikan syarat pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo 2017.

Dalam rapat pleno itu, tiga bakal pasangan calon ditetapkan memenuhi syarat (MS), masing-masing pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim (NKRI), Hana Hasanah – Tonny Junus (HATI) dan Zainudin Hasan – Adhan Dambe (ZIHAD). Ketua KPU Provinsi Gorontalo Mohamad M. Tuli, menjelaskan dalam hasil penelitian berkas perbaikan dokumen syarat pencalonan, ketiga bakal pasangan calon tidak bermasalah atau MS.

Dijelaskannya, batas perbaikan dokumen persyaratan sesuai dengan tahapan yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU), terhitung sejak tanggal 4 Oktober sampai dengan 11 Oktober batas perbaikan dokumen. “Dalam waktu perbaikan itu, sudah dimanfaatkan oleh tiga bakal pasangan calon, dan sesuai laporan hasil penelitian dokumen mereka sudah tidak bermasalah lagi,” ketusnya.

Lebih lanjut kata Mohamad Tuli, dalam proses tahapan yang sudah berjalan saat ini, jika ada yang mengganti pasangan calon sudah tidak diperbolehkan lagi. Namun jika ada salah satu pasangan calon, yang memiliki halangan tetap maka pasangan calon tersebut bisa menggati pasangan. Halangan tetap yang dimaksud ini kata Mohamad Tuli, ada salah satu pasangan calon yang meninggal dunia atau memiliki masalah hukum yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

Jika hal ini terjadi kata Mohamad Tuli, maka KPU Provinsi Gorontalo diberikan waktu untuk memperbaiki dokumen yang sudah ada. “Dokumen pangan calon pengganti, tetap kita akan verifikasi seperti biasanya,” ujarnya sembari menambahkan, namun jika ada pangan calon yang tetap memaksakan diri untuk mengganti pasangan calon, tanpa ada alasan sebagaimana di atur dalam PKPU, maka tetap tidak diperbolehkan. (rg-60)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.