The Habibie Center Bidik SDM Lokal

Gubernur Rusli Habibie menjamu ketua Yayasan The Habibie Center, Ilham Akbar Habibie yang juga putra sulung presiden ketiga RI, dirumah jabatan gubernur, kemarin

RadarGorontalo.com – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan) menerima kunjungan Ketua Yayasan The Habibie Canter, Ilham Akbar Habibie di Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (25/9). Putra sulung Presiden RI ke tiga BJ Habibie itu ingin menjajaki kerjasama dengan Gorontalo terkait dengan pengembangan SDM lokal.

Ini menjadi kunjungan perdana pria kelahiran Jerman, 55 tahun lalu itu di tanah kelahiran kakek buyutnya. “Gorontalo menjadi provinsi pertama di mana The Habibie Center berkolaborasi dengan DAAD untuk mengembangkan SDM lokal. Saya berharap program ini bisa diminati dan diikuti oleh para siswa dan mahasiswa Gorontalo,” kata Ilham usai kunjungan di UNG.

Ilham menilai ada tiga potensi utama Gorontalo yang perlu mendapatkan perhatian yakni masalah pertanian, perikanan dan kelautan serta dari teknik. Tiga hal yang sangat erat kaitannya dengan pembangunan ekonomi Gorontalo. Dalam kesempatan itu, Ilham Habibie didampingi oleh tim dari Deutscher Academiscer Austauschdienst (DAAD) atau organisasi pertukaran akademisi Jerman.

Mereka ingin menjajaki kemungkinan kerjasama dalam hal pemberian beasiswa bagi mahasiswa ke Jerman dan pengembangan riset. “Untuk beasiswa dari DAAD, para calon mahasiswa disarankan sudah menemukan kampus dan pembina di universitas Jerman. Jadi tidak bisa meminta beasiswa tapi belum tau mau ke mana?,” kata Pakar Penerbangan dari Technical University of Munich itu. (RG-25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.