Terungkap! Ini Penyebab Gas Elpiji Langka di Kabgor

Irfan Angge

RadarGorontalo.com – Masyarakat Kabupaten Gorontalo hingga saat ini mengeluhkan kelangkaan elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi. Selain penyaluran yang tidak tepat sasaran, juga hampir semua pangkalan melakukan penimbunan dalam jumlah besar.

Sementara jumlah gas bersubsidi yang dipasok Pertamina untuk wilayah Kabupaten Gorontalo sudah melebihi jumlah penduduk miskin yang berhak mendapatkan elpiji 3 kg.

Menanggapi hal ini politisi PDIP Irfan Angge meminta kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Bupati Kabupaten Gorontalo agar mengintruksikan kepada seluruh Lurah dan Kades untuk mengatur kembali pendistribusian gas elpiji di kelurahan/desa.

Ini kata Irfan untuk mengantisipasi permainan kotor oknum pemilik pangkalan yang main mata dengan pihak ketiga yang mengakibatkan gas 3 Kg sulit didapatkan, padahal sangat sederhana jika kita menganturnya.

Irfan pun membeberkan pengaturannya dengan menginfentarisir semua pangkalan yang ada di masing-masing Kelurahan dan Desa dan jumlah KK sebagai pengguna. Artinya Jika jumlah 350 KK dengan jumlah pangkalan 10, maka setiap pangkalan dapat melayani 35 KK setiap minggu atau setiap pengisian. Sehingga jatah untuk kelurahan A hanya untuk masyarakat A.

Penganturan lainnya yakni Lurah ataupun Kades yang menentukan/menunjuk pangkalan yang akan melayani KK sesuai daftar, dan tentunya tetap memperhatikan jauh dekat antara pangkalan dengan pelanggan, tuturnya.

Irfan menambahkan, jika penganturannya demikian dapat ditarik kesimpulan, maka semua masyarakat di Kabupaten Gorontalo bisa menikmati elpiji berbentuk melon ini. (RG-31)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *