Ternyata, Tak Gampang Jadi Wartawan

Mahasiswa Unisan jurusan ilmu komunikasi, saat bertandang ke redaksi sementara Radar Gorontalo, Senin (12/12) malam.

Kunjungan Mahasiswa Unisan ke Redaksi Radar Gorontalo

RadarGorontalo.com – “Tak gampang jadi wartawan” demikian ungkapan salah seorang mahasiswa, Unisan jurusan ilmu komunikasi, saat berkunjung bersama puluhan rekan-rekannya ke Redaksi Radar Gorontalo, senin (12/12) malam. Kunjungan para mahasiswa semester 3 itu, untuk melihat dari dekat kerja-kerja jurnalis, sekaligus berbagi pengalaman. Ini adalah rangkaian kegiatan studi banding tentang jurnalistik, yang masuk sebagai salah satu mata kuliah mereka.

Didampingi Ibu Tari sebagai dosen, puluhan mahasiswa ini mencoba menggali lebih dalam, tentang dunia jurnalistik, khususnya di media cetak. Mulai dari bagaimana cara-cara memperoleh informasi, meramunya jadi berita sampai persoalan grafis pun ikut ditanyakan. “biasanya mereka hanya dapat teorinya saja, kali ini mereka diajak langsung melihat bagaimana dan apa yang ada dapur redaksi,” ungkap, Ibu Tari membuka dialog yang berlangsung santai itu.

Setelah struktur redaksi diperkenalkan, para mahasiswa itupun mendapatkan penjelasan seputar jurnalistik, hingga panduan singkat bagaimana meramu sebuah informasi menjadi berita yang layak tayang. Menariknya, tak cuma soal keredaksian, para mahasiswa itu sangat antusias mendengarkan berbagai pengalaman dari jurnalis senior, saat meliput berita. Bahkan, ada yang sempat bertanya, apakah para wartawan pernah diintimidasi atau tidak?.

Mereka pun diberikan penjelasan seputar penyelesaian sengketa pemberitaan, hingga beberapa pengalaman tidak enak yang pernah dihadapi oleh masing-masing jurnalis Radar Gorontalo, beberapa mahasiswa itupun menyimpulkan, bahwa pekerjaan wartawan sangat menantang, sekaligus bukan hal gampang. Setelah sesi dialog, para mahasiswa itupun pamit sekaligus mengakhiri pertemuan dengan redaksi yang cukup singkat itu. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *