Terkait Penyalahgunaan Zat Adiktif, Sejumlah Pelajar di Bonebol Direhabilitasi

Kepala BNNK Bonebolango, Haris Pakaya, S.Pd, M.SI, saat memimpin forum komunikasi anti narkoba berbasis media online, Rabu pagi tadi

RadarGorontalo.com – Belum diketahui pasti, berapa banyak pelajar di kabupaten Bone Bolango yang menjalani proses rehabilitasi, akibat penyalahgunaan bahan adiktif.

Ini mengindikasikan bahwa pengawasan terhadap penggunaan zat adiktif seperti lem ehabond, obat komix, jamur kotoran sapi, bahkan hingga pembalut wanita yang direbus, yang marak di kalangan remaja, perlu mendapat perhatian serius.

Menurut Kepala BNNK Bone Bolango, Abd. Haris Pakaya, dalam setiap pekan pada bulan berjalan di tahun 2018 ini, terhitung sejak Januari hingga September, ada pelajar yang direhab BNNK.

“Di bulan ini saja, kami sedang melakukan rehabilitasi terhadap pelajar, yang diduga terlibat penyalahgunaan bahan adiktif,” kata Abd. Haris Pakaya, pada kegiatan Forum Komunikasi Anti Narkoba Berbasis Media Online yang digelar Rabu (12/09/2018).

BNNK Bone Bolango, kata Abd. Haris, hanya bisa melakukan rehabilitasi terhadap pelajar yang terindikasi menyalahgunakan zat adiktif. “Bahan adiktif ini tidak diatur dalam Undang-Undang 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Itulah sebabnya mengapa BNNK Bone Bolango hanya bisa melakukan rehabilitasi kepada pelajar yang masih duduk di bangku SMA dan SMA ini,” kata Abd. Haris.

Abd. Haris kemudian mengungkap soal penanganan kasus Narkotika. “Saat ini ada tiga kasus Narkotika yang ditangani oleh BNNK Bone Bolango,” katanya.

Hasil penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia tahun 2017, angka prevalensi penyalahguna narkoba di Indonesia diperkirakan berada pada kisaran 1,77 persen. Ini berarti di antara penduduk Indonesia, pada rentang usia produktif 10-59 tahun ada sekitar 3.376.115 jiwa, melakukan penyalahgunaan narkoba. “Kelompok pekerja, merupakan kelompok dengan presentase terbesar, yakni 59 persen, pelajar 24 persen. Sementara kalangan umum, 17 persen,” ungkapnya.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.