Terima Tantangan Menteri, Pohuwato Dapat 30 M

Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, memaparkan soal pertanian Pohuwato, tadi malam. (f.hms phwt)
Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, memaparkan soal pertanian Pohuwato, tadi malam. (f.hms phwt)

RadarGorontalo.com – Syarif Mbuinga bukan nekat, tapi dirinya optimis dengan potensi yang ada di Pohuwato. Optimisme ituilah yang kemudian meyakinkan Menteri Pertaian Amran Sulaiman untuk menggelontorkan bantuan puluhan miliar untuk Kabupaten Pohuwato.

Jadi, Kamis (25/8) malam, dalam rapat kerja yang dihadiri seluruh unsur muspida, disela-sela mendengarkan pemaparan soal sektor pertanian dari menteri pertanian, Bupati Syarif Mbuinga meminta waktu untuk memberikan penjelasan singkat soal potensi Pohuwato. Kesempatan yang diberikan pun tak disia-siakan. Sontak saat mendengar, kalau Pohuwato ternyata memiliki bendungan terbesar di Indonesia Timur, pak menteri langsung tertarik.

Apalagi, pak Bupati sempat memaparkan rencananya penerapan sistem integritas antara tanaman jagung dalam perkebunan sawit, yang notabene adalah terobosan Mentan. Menteri Pertanian pun langsung mengatakan, siap menggelontorkan bantuan untuk memenuhi program jagung integritas perkebunan seluas 10 ribu hektar. Tak cuma itu, 10 unit traktor dan 10 unit hand traktor diberikan khusus Pohuwato, yang diperkirakan nilainya bisa mencapai sekitar 30 miliar rupiah.

Tapi dengan jaminan, produksi pertanian harus bisa ditingkatkan hingga 2 kali lipat. Karena kalau tak mampu penuhi itu, maka anggaran yang dijanjikan bisa ditarik. Dengan lantang, Syarif menyanggupi tantangan itu. “Saya suka dengan bupati yang berani dan optimis seperti ini,” ungkap Menteri. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.