Terbuka dalam Penyampaian Informasi Publik, UNG Raih Penghargaan KIP RI

Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas UNG Lenny Muda, SH, dan Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd usai menerima penghargaan dari KIP RI, Senin (05/11) di gedung Sekretariat Wakil Presiden RI.(foto_istimewa)

RadarGorontalo.com – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) termasuk salah satu badan publik yang oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Republik dinilai informatif dalam implementasi keterbukaan informasi publik.

Dan sebagai bentuk apresiasi, UNG menjadi penerima penghargaan dari KIP RI. Penghargaan ini diterima langsung oleh Rektor UNG, Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd pada Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2018 yang digelar Senin (05/11) kemarin di gedung Sekretariat Wakil Presiden RI.

Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua KIP RI, Gede Narayana, kepada Rektor UNG yang disaksikan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. “Penghargaan ini diberikan KIP RI sebagai apresiasi atas komitmen UNG dalam hal keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

Penganugerahan tahun ini melibatkan 460 badan publik di Indonesia salah satunya Badan Publik Perguruan Tinggi, 134 Perguruan Tinggi,” kata Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas UNG, Lenny Muda, SH.

Mekanisme penilaiannya, jelas Lenny, dilakukan melalui pengisian kuesioner monitoring dan evaluasi serta fase presentasi di hadapan komisioner KIP RI. Lenny juga menjelaskan, penganugerahan ini diberikan dalam 3 kategori, yakni badan publik informatif, menuju informatif dan cukup informatif.

“UNG termasuk salah satu dari 18 Badan publik perguruan tinggi yang dinilai cukup informatif dalam pengelolaan dan keterbukaan informasi publik,” kata Lenny.

Sementara itu, Rektor UNG, Prof. Syamsu Qamar Badu, mengatakan, ini merupakan pencapaian yang baik bagi UNG terutama dalam pengelolaan informasi publik.

“Pencapaian ini merupakan bukti komitmen UNG sebagai badan publik pemerintah, yang terus berupaya menerapkan dan mewujudkan keterbukaan informasi sesuai dengan Undangan-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” kata Rektor.

Penghargaan ini, kata Rektor, harus dijadikan pemantik bagi UNG melalui unit kerja terkait, untuk terus melakukan perbaikan dan juga terobosan-terobosan yang dapat meningkatkan kinerja dalam hal keterbukaan informasi publik.

“Ini harus jadi pemicu bagi UNG untuk terus melakukan peningkatan agar di kemudian hari UNG bisa menjadi badan publik perguruan tinggi yang masuk dalam kategori menuju informatif maupun kategori informatif,” kata Rektor. (rg-40)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.