Tawuran Dalam Lapas, 2 Napi Tewas

2 napi binaan Lapas Boalemo dengan insial IO dan IN yang masing – masing merupakan warga binaan asal Kabupaten Pohuwato dan Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo sudah tidak bernyawa. (foto_istimewa)

RadarGorontalo.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Boalemo, kembali menelan korban. Dimana, perkelahian antara napi mengakibatkan 2 orang tewas. Dari berbagai info yang dihimpun wartawan koran ini, napi korban yang tewas tersebut warga binaan berinisial IO dan IN yang masing – masing merupakan warga binaan asal Kabupaten Pohuwato dan Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo. Kejadian ini terjadi hari Selasa pagi (9/10/18) sekitar Pukul 08.00 Wita dimana, dugaan kasus pembunuhan antar sesama narapidana tersebut, terjadi ketika selesai pembagian jatah makanan pagi untuk para narapidana. ” Perkelahian 2 orang napi asal Kabupaten Boalemo versus Napi asal Kabupaten Pohuwato dengan 9 orang napi pindahan dari Lapas Kota Gorotalo, “ungkap salah satu narapidana yang melihat langsung kejadian yang namanya enggan di korankan.

Pasca perkelahian, kedua korban asal Boalemo dan Pohuwato tersebut dilarikan ke Rumah Sakit Tani dan Nelayan Boalemo oleh anggota Lapas Boalemo. Setelah tiba di RSTN Boalemo, korban yang berinisial (S) sudah meninggal dunia karena mengalami empat luka tusukan senjata tajam yang mengenai pembuluh darah korban. Dan korban berinisial (IM) masih sempat dilakukan tindakan oleh pihak dokter yang berada di RSTN Boalemo, tapi nyawanya tidak bisa diselamatkan olsh dokter.

Kalapas Boalemo Totok Budiyanto melalui keterangan Persnya yang didanpingi Kapolres Boalemo Ade Permana di Ruang Serbaguna Lapas Boalemo, membenarkan perkelahian antar napi yang memakan dua orang korban jiwa di Lapas Boalemo. Lanjut Kalapas Totok, pada saat kejadian yang berlangsung di halaman blok Lapas Boalemo, aparat Lapas Boalemo langsung melerai dan melarikan para korban ke RSTN Boalemo, dan beberapa terduga langsung diamankan di sel tahanan Polres Boalemo untuk didalami lebih lanjut. ” Saat ini kondisi di Lapas Boalemo sudah stabil dan kondusif karena pihak Polres Boalemo sudah menurunkan pasukan pengamanan untuk membekup penjagaan Lapas Boalemo. “ungkap Kalapas Boalemo.

Sementara itu Kapolres Boalemo Ade Permana dalam keterangan Persnya di Ruang Serbaguna Lapas Klass II B Boalemo Selasa (9/10) menjelaskan, para napi terduga pelaku pembunuhan di Lapas Boalemo sudah diamankan di sel tahanan Polres Boalemo, yang berjumlah 9 orang narapidana. Terkait dugaan Pembunuhan yang memakan korban dua orang napi dalam Lapas Boalemo ini, Polres Boalemo masih dalami siapa-siapa saja pelakunya dan apa dalangnya untuk kita proses sesuai peraturan yang berlaku. “Sampai saat ini penyebabnya masih dalam proses penyelidikan, karena dua alat bukti belum memenuhi, untuk itu 9 orang dugaan pembunuhan yang memakan dua orang korban jiwa sesama narapidana tersebut sudah kami amankan, dan dalam waktu dekat kami akan mengadakan gelar perkara untuk kasus pembunuhan tersebut, alat bukti yang sudah kita amankan berupa gunting dan pahat kayu untuk kita cocokkan dengan luka para korban pembunuhan sesame napi. Motif dugaan pembunuhan ini, masih sementara kita selidiki lebih lanjut,“ tutup Kapolres Boalemo.(RG-45)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.