Tari Karawo Pikat 92 Walikota

Penari Tari Karawo Kontingen Kota Gorontalo.(Rahmat/rg).

RadarGorontalo.com – Berbalut karawo kain tenun khas Gorontalo, sejumlah penari berhasil memukau hadirin yang hadir dalam pembukaan Indonesia City Expo di Kota Malang Jawa Timur. Standing applause pun diberikan para penonton termasuk 92 walikota se Indonesia yang hadir, Rabu (17/7) di Stadion Luar Gajayana Malang.

Hasil tenun kain sutra yang bernilai kreasi tinggi. Terlihat mewah diatas pentas, ketika enam gadis remaja menyajikannya dengan sebuah tarian bernama tari karawo. Standing aplouse serentak diberikan 92 Walikota, yang hadir pada kegiatan itu. Tak terkecuali Walikota Malang Mochamad Anton, sahabat Walikota Gorontalo Marten A Taha. “Anak-anak gorontalo hebat, masih kecil-kecil sudah bisa berkreasi,” ucap Walikota Malang.

Tari kreasi Karawo ini, memang baru di Gorontalo. Meski hanya sebulan menguasai kreasi tarian itu. Dihadapan ribuan masyarakat Kota Malang, enam gadis remaja itu, berhasil menyajikan yang terbaik. Padahal mereka rata-rata, masih duduk di bangku SMP.

“Mereka adalah didikan dari Ibu Ketua TP PKK Kota Gorontalo. Keinginan mereka untuk meningkatkan seni budaya Gorontalo, sangat luar biasa. Kami bangga dengan mereka,” ujar Maya Sandra, salah satu Kepala Seksi di Dinas Pendidikan Kota Gorontalo.

Walikota Gorontalo Marten A Taha sendiri mengatakan, peningkatan mutu pendidikan anak khususnya seni tari, penting. Dan tari kreasi Karawo ini, salah satu buktinya. “Tarian ini adalah salah satu icon Gorontalo, khusunya Kota Gorontalo,”tutur Marten.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *