Tambahan DAU untuk Gaji Guru, Disetujui

RadarGorontalo.com – Kekurangan gaji guru dalam struktur Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017, akhirnya bisa tertanggulangi.Ini setelah Menteri Keuangan RI memastikan akan menambah Dana Alokasi Umum (DAU) Pemerintah Provinsi Gorontalo sebesar Rp 38 Miliar pada pembahasan APBN perubahan nanti.

Sekdaprov Winarni Monoarfa yang juga ketua Tim Anggaran Pemerintah Provinsi (TAPD) Pemerintah Provinsi Gorontalo, mengungkapkan perjuangan pemprov agar DAU untuk guru dan PNS bisa ditambah, akhirnya diakomodir oleh pemerintah pusat. “Alhamdulilah perjuangan kita tidak sia sia, pak Menteri sudah menyetujui penambahan DAU untuk gaji guru sebesar Rp 38 miliar, dan akan dimasukkan dalam APBNP nanti.

Bukan apa apa, dengan adanya pengalihan guru dan ASN lain, ke pemprov, maka kami terpaksa melakukan pemangkasan anggaran untuk belanja publik, dimana yang tadinya mencapai 72 persen, kini tinggal 53 persen, sehingga dengan adanya tambahan ini, kita semua berharap agar porsi untuk belanja publik tidak berkurang,” harapnya.

Diketahui Pemerintah Provinsi Gorontalo mengalami defisit anggaran menyusul pelimpahan tanggung jawab pembiayaan gaji untuk guru SMA/SMK dari kabupaten/kota ke tingkat provinsi. Hal itu terjadi karena pelimpahan wewenang tidak diikuti dengan penambahan anggaran yang maksimal ke Pemerintah Provinsi Gorontalo. (RG-25)

Berita Terkait

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *